Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Mengubah File Power Point Menjadi Video


Pointing up Video ini adalah video pertama yang saya unggah di situs berbagi video terkenal, Youtube. Iseng-iseng sih, siapa tahu ke depannya bisa menjadi Vlogger Smile with tongue out. Bahan pembuatan video di atas berasal dari file Power Point, yang biasa dipakai untuk presentasi.


Nah, kali ini saya hanya ingin share tentang bagaimana mengubah file Power Point (berekstensi .pptx) menjadi sebuah video (video di atas berekstensi .mpeg).

Pertama, siapkan dulu file Power Point yang akan diubah menjadi video.
Kedua, siapkan perangkat lunak yang bernama “Leawo Power Point to Video Free”, saya menggunakan perangkat lunak ini. Jika Anda belum punya dan ingin menggunakannya, silakan Anda klik gambar di bawah ini untuk mengunduhnya. Jangan khawatir, saya tidak menjebak Anda dengan iklan, soalnya perangkat lunak ini saya simpan di akun Google Drive saya. Oh, ya! Lupa! Saya (masih) menggunakan sistem operasi Windows 8.1

download black

Jika sudah diunduh silakan diinstal.

Ketiga,  buka program Leawo PPT2Video. Klik “Add” untuk memasukkan file Power Point yang akan kita ubah menjadi video.

leawo1

Keempat, jangan lupa untuk mengatur kualitas video dan suara dan profile video. Leawo yang saya gunakan ini hanya mendukung 2 (dua) ekstensi .asf (advanced streaming format) dan .wmf (windows media video).

Kalau saya, memilih yang berekstensi .wmf. Video jenis ini bisa diputar di program bawaan Windows seperti Windows Media Player dan Media Player Classic.

leawo2

Kelima, setelah memasukkan file Power Point dan mengatur profile dan kualitas video dan suara, tekan “Start”. Tunggu hingga proses selesai.

Sudah begitu saja. Jika kita belum puas dengan video berekstensi .wmf dan ingin mengganti dengan ekstensi .mpeg misalnya (atau yang lainnya), kita bisa menggunakan perangkat lunak yang disediakan oleh Windows, yaitu: Movie Maker.

Movie Maker termasuk perangkat lunak untuk yang cukup andal dalam editing video namun tidak bisa mengubah file Power Point menjadi video.

Untuk menginstal Movie Maker, kita perlu mendownload program Windows Essentials di mana di dalamnya berisi program Messenger, Photo Gallery, e-Mail (Outlook.com), Writer, M. OneDrive, Outlook Connector PAck, dan Movie Maker itu sendiri.
Silakan klik link download Windows Essentials di bawah ini

download black

Setelah diunduh, klik dan akan muncul kotak dialog di bawah. Jika hanya Movie Maker yang ingin kita instal pilih “Pilih program yang ingin Anda instal”

esensial1

selanjutnya

esensial2

Inilah beberapa format video yang disediakan oleh Movie Maker

mm1mm3mm3



About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!