Transportasi Menuju Melak, Kutai Barat

Melak, adalah nama tempat tinggal saya di pedalaman Kalimantan Timur dalam rentang tahun 2004 hingga 2010. Adalah salah satu dari tiga kecamatan yang merupakan bagian dari kota Sendawar, ibukota Kutai Barat. Kecamatan lainnya Sekolaq Darat dan Barong Tongkok. Kutai Barat merupakan kabupaten yang luas, sebanding dengan luas Propinsi Jawa Tengah ditambah Kabupaten Bantul, DIY. Luas wilayah Kutai Barat sebesar 33.052 km persegi sebanding dengan luas Jawa Tengah (seluas 32.548 km persegi) dan Bantul (seluas 506,8 km persegi). 


Update! Kabupaten Kutai Barat dimekarkan menjadi 2 kabupaten. Kabupaten hasil pemekaran ini bernama Kabupaten Mahakam Ulu yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Mahakam Ulu yang beribukota di Ujoh Bilang terdiri dari 7 (tujuh) 5 (lima) kecamatan, yaitu: Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai, dan Long Apari dengan luas wilayah 15.315 km2. Dengan demikian luas Kutai Barat berkurang 46% dari luas sebelum pemekaran menjadi 17.737 km2

Letak Melak, Kutai Barat (Google Maps)
Banyak teman di daerah Ilir seperti Samarinda dan Balikpapan, yang belum pernah ke sini,  menanyakan tentang transportasi ke Kutai Barat. Oleh karenanya, sekalian saja saya posting di blog ini. Siapa tahu ada juga yang memerlukan informasi selain teman-teman saya. 

Posisi Kutai Barat dan Mahakam Ulu sebelum pemekaran (Google Maps)
Mahakam Ulu dan KUtai Barat setelah Pemekaran (Google Maps)
Untuk ke Melak (Sendawar) bisa dicapai melalui tiga jalan:

1. Jalan darat
Estimasi jarak antara Samarinda-Melak adalah sebesar 350 km, bila dihitung dari Balikpapan sejauh 465-an km. Dari Samarinda kita bisa naik bus atau mobil kijang dari Terminal Sungai Kunjang. Tarif bus sebesar Rp 80.000,- sedangkan kijang rata-rata Rp 150.000,- (dekat sopir dan tergantung jenis mobil, Avansa, Xenia atau apa). Durasi normal sekitar 7-8 jam. Bus tersedia hingga tengah hari sedangkan Kijang siang dan malam, asal ada penumpang. Biasanya bus akan transit untuk rehat dan makan minum di kampung Resak, Kec. Bongan, Kutai Barat yang dianggap wilayah pertengahan. 
Update: tarif bus hingga Maret 2018 sebesar Rp 110.000,- 

Baca: Trip to Jogja #1: Pramugari Berhijab, Trans Jogja, dan Kupat Tahu Monjali

2. Jalan sungai
Contoh kapal yang melayani rute Samarinda ke Melak (Courtesy of Kosim.web.id)
Kita bisa naik kapal (taksi air) dari Pelabuhan feri Sungai Kunjang. Setiap hari berangkat pukul 7 pagi, sebanyak 2 buah. Yang satu tujuan Melak, satunya lagi Long Bagun. Kapal akan transit di Tenggarong, Kotabangun. Kapal juga akan menurunkan atau menaikkan penumpang di kampung-kampung sepanjang Mahakam. Tarif kapal, untuk lantai dasar Rp 100.000,- sedangkan lantai atas Rp 120.000,- dengan tambahan fasilitas kasur, bantal, kipas angin, bagasi dan stop kontak (siapa tahu mau main laptop selama perjalanan). Tarif di atas belum termasuk konsumsi. Waktu perjalanan antara 15-20 jam. Tergantung jumlah penumpang dan barang, debit air (arus) dan tentu saja kondisi mesin kapal.
Update: tarif kapal hingga Maret 2018 sebesar Rp 120.000,- (dek bawah) dan Rp 150.000,- (atas) 

3. Jalan udara 
Penerbangan ke Melak (hingga Desember 2014) dilayani oleh Kalstar Aviation, yang melayani penerbangan dari Balikpapan. Silakan klik situs Kalstar Aviation  untuk pemesanan tiket.

Update: maskapai yang melayani penerbangan ke Melak hingga Maret 2018 adalah Express Air, yang melayani penerbangan dari Melak ke Samarinda/Balikpapan dengan waktu tempuh selama 30/40 menit. Tiket juga dapat dipesan di situs tiket.com atau Traveloka 
Transportasi Menuju Melak, Kutai Barat Transportasi Menuju Melak,  Kutai Barat Reviewed by Kosim Abina Aziyz on September 14, 2010 Rating: 5

29 comments:

  1. saya dulu pernah ke balikpapan, kotanya lebih rapi dan bagus daripada banjarmasin... tapi gak sempet ke Kutai..

    ReplyDelete
  2. pantas di coba nih taksi airnya hehe...:Dklo di sungai musi adanya kapal ketek *ntah apa sebutannya di sana....:D ada juga kapal pesiar...:)

    ReplyDelete
  3. @joni: klu sya senang menyebut kapal, orang-orang ada yg mnybut taksi air. Kalau kpl yg kecil disebut ces, ada jua klotok. Kapal pesiar, nah di mahakam ilir ada galangannya. Makasih ya Wong Kito
    @lyla: mbak tinggal d mana? sering2 sj ke kaltim :)

    ReplyDelete
  4. Wah jd pingin ke Mahakam nih, heheheh
    Mohon maaf lahir bathin sob,,,

    ReplyDelete
  5. Salam knl saya juga tinggal di melak, untuk perjalanan melak samarinda saya selalu menggunakan taksi xenia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dr bandara sepinggan ke melak sekolaq Darat berapaan yaa Pak? Apakah ada no kontak yg bisa dihubungi. Jikalau ada minta tolong kirimkan ke email kartika.rizka05@gmail.com yaa Pak .Terimakasih

      Delete
  6. pak saya wartawan metro tv, jakarta. kebetulan saya biasanya meliput wilayah2 pedalaman sampai perbatasan untuk mengangkat kehidupan rakyat setempat. tertarik juga berkunjung ke kutai barat. saya baru sampai tenggarong saja di sungai mahakam.

    saya ingin mencoba taksi air itu, kalau bisa sampai pangkalnya sungai mahakam.

    bila berkenan sy dibantu ya kalau mau meliput kesana. nama saya hendro, email: thevisnu@yahoo.com

    trims

    ReplyDelete
  7. @mas hendro: sayang sekali, saya sekarang tinggal di Palembang. Jadi, mohon maaf, tidak bisa membantu. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang kutai barat silakan kirim email ke kukila76@gmail.com, jika ada waktu akan saya balas, insya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum pak Qosim, mau tanya, klo dri bandara apakah ada argo atau angkot yg bsa mengantarkan k alamt tujuan? Dan bisa kah referensi mahram yang bsa membantu saya mencarikan alamat tujuan? Trima kasih...

      Delete
    2. Wa'alaikum salam War. Wab. Ibu Tri
      Bandara Melalan Sendawar terletak di pertengahan jalan antara Kec. Barong Tongkok dan Kec. Melak. Di Bandara tersebut sudah ada angkot, sayangnya tarifnya belum diatur oleh Pemerintah, maklum wilayah pedalaman. Jadi, jika Anda ingin ke Melak atau Barong Tongkok Anda bisa nego dengan angkot perihal ongkosnya. Tarif umumnya berkisar antara Rp70.000,- hingga Rp100.000,- jika Anda memiliki tujuan di Sendawar (Melak, Barong Tongkok, Sekolaq Darat).

      Kalau boleh tahu Ibu Tri mau ke mana agar saya bisa memberi gambaran? Jika Anda ingin ke Bongan akan lebih dekat jika Anda naik bus via Samarinda. Terima kasih.

      Delete
  8. jadi biaya Berau ke melak jadi berapa Mas Bro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Berau ke Samarinda:
      1. Pesawat berkisar 500-600 ribu rupiah
      2. Bus sekitar 250 ribu rupiah

      Dari Samarinda ke Melak, silakan Bapak baca artikel di atas :)

      Delete
  9. bang klo dr balikpapan ke Pengadilan negeri sendawar bisa makan waktu berapa jam bang?
    rutenya bagaimana itu bang? dan ongkosnya kisaran berapa? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Durasi (normal) dari Balikpapan-Melak via jalan darat:
      Balikpapan-Samarinda: 3 jam
      Samarinda-Melak: 8 jam
      Balikpapan-Melak: 11 jam+waktu ishoma.

      2. Rute jalan darat jika membawa kendaraan sendiri:
      a. Balikpapan-simpang tiga Loa Janan (dekat pelabuhan Loa Janan)
      b. Simpang tiga Loa Janan-Tenggarong, turun di simpang tiga Pal 5 belok kiri arah ke Kota Bangun.
      c. Simpang Tiga Kota Bangun-Sendawar, turun di Barong Tongkok. Setelah di Barong Tongkok cari Politeknik Sendawar, nah di seberangnya Pengadilan Negeri Sendawar.

      3. Biaya
      a. Jika membawa kendaraan sendiri bisa diperkirakan berapa habis bensin dengan jarak Balikpapan-Sendawar k.l. 465 km
      b. Jika ikut kendaraan umum, bisa dibaca kembali artikel di atas. Terima kasih

      Delete
    2. Assalamu'alaikum
      Numpang nanya
      Klo boleh nanya
      Klo mau ke sei babi kira2 pakai apa ya om...?
      Makasih

      Delete
    3. Bang Aswady, sebelum saya jawab perlu anda ketahui bahwa saya sudah 5 tahun meninggalkan Kutai Barat, sehingga informasi yang saya utarakan berdasar pengetahuan saya waktu dulu. Untuk menuju Sei Babi Anda bisa memakai tiga cara:
      1. Naik kapal dari pelabuhan Sei Kunjang, Samarinda turun di Tering. Dari Tering Anda bisa tanyakan apakah ada mobil kijang ke sana? Kalau gak ada Anda bisa memakai jasa ojek, barangkali ada. Ongkos ke sana saya tidak tahu. Saya sudah beberapa kali ke sana, namun membawa motor sendiri.
      2. Anda bisa naik travel dari Balikpapan (ada di komentar bawah kontaknya) turun di Tering. Tanyakan juga: bisa gak mengantar ke Sei Babi.
      3. Naik bus dari terminal bus Sei Kunjang Samarinda, turun di Barong Tongkok. Sampai sana cari angkutan ke Tering.
      Semoga informasi ini bisa sedikit membantu.

      Delete
    4. Oh ya, ini ada beberapa foto waktu saya pergi ke sana tanggal 28 Agustus 2009 dulu
      Rihlah ke Kelian Dalam (Sungai Babi)

      Delete
  10. Senangnya bisa baca artikel tentang kampung dimana saya besar :D, Almarhum bapak saya orang Melak asli pak, mungkin bapak kenal beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Jika tulisan ini bisa membuat senang Bang Kindy, sekarang di mana memangnya Bang Kindy tinggal? Masih kuliah?

      Delete
  11. Informasi yang menarik, Trimakasih

    ReplyDelete
  12. Selam teman2 sekalian. Kami dari Elkana Travel yg beroperasi sepanjang jalan kenangan Balikpapan - Sendawar atau Kutai Barat. Kami melayani milir mudiknya penumpang, antara Balikpapan-Melak (Sendawar/Kutai Barat) biaya 275K kami antar jemput. Untuk informasi CP. hubungi Elkana Balikpapan : +62 813 46416544 Elkana Sendawar : +62 813 46417011. Untuk tempat wisata sangat banyak rekomendasi. Ada jantur inar, danau Aco, danau Beluk, gua maria, jantur mapan, jantur tabalas, taman Anggrek Gersik luai, TBS, kebun binatang Kemp. Baru. Dll. Sekian info dari kami semoga bermanfaat sahabat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan dan informasinya, semoga bisa membantu dan mempermudah para pengunjung blog ini yang akan "mudik" ke Kutai Barat :)

      Delete
  13. Untuk biaya bersih dari samarinda - long pahangai melalui darat atau air kira" brp mas ? Saya insha allah mau mendaki ke gunung liangpran di daerah long pahangai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titik terakhir kapal yang melayari Mahakam berada di Long Bagun, tidak jauh dari Ujoh Bilang, Ibukota Kab. Mahakam Ulu. Durasi perjalanan dari Samarinda ke Long Bagun sekira 2 kali lipat Samarinda ke Melak. Kira-kira 2 hari lah. Untuk biaya bisa Mas Exel tanyakan ke Pelabuhan Sungai Kunjang pada kapal jurusan Long Bagun. Letaknya di seberang terminal Sungai Kunjang.

      Nah, jika mau ke Long Pahangai, Mas Exel harus naik Long Boat. Biayanya bervariasi, tergantung debit air, ketersediaan BBM, jumlah barang, dan jumlah penumpang. Saya tidak tahu persis berapa tarif ke sana. Tempat terjauh yang pernah saya kunjungi baru sampai Long Bagun dan masuk ke dalam sampai Camp Sumalindo. Itupun sudah lama pertengahan tahun 2004. Mungkin Anda bisa menanyakan ke hotline Pemkab Mahakam Ulu di situs http://mahakamulukab.go.id. Di situ ada juga CP camat yang bisa dihubungi baik via e-Mail maupun ponsel.

      Mohon maaf ya :)

      Delete
  14. mantap sekarang kota yg kutinggalkan 18 th yglalu.

    ReplyDelete
  15. Perjalanan dan tugas yg menyenangkan bagi saya di bulan Agustus 2016 yg lalu selama 1 minggu di Sendawar Kubar...tepat nya menginap di Barong Tongkok...sempat juga jalan ke Melak

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.