Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Cara Menambahkan Lokasi (Sekolah, Pesantren, Tempat Bisnis) pada Google Maps

Sekira empat lima tahun yang lalu, saat saya berkarya di salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional di Palembang, kantor kami pernah didatangi seorang agen dari Google yang membawa peralatan fotografi meminta izin agar lokasi kantor kami bisa dimasukkan di Google Maps. Dia menyerahkan berkas yang mesti kami kami isi dan tanda tangani sebagai bentuk persetujuan. Akhirnya memang, lokasi kantor kami masuk di Google Maps. Ini, tidak dipungut biaya.

Beberapa hari yang lalu juga, seorang teman di OKU Timur menghubungi saya, menanyakan tentang bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps. Dia membuka yayasan di sana, dan ingin agar lokasinya bisa diakses melalui Google Maps. Saya kira bukan karena dia tidak bisa, semacam minta rekomendasi teman sama seperti mau beli ponsel, mau cari kuliner, beli baju. Bisa saja kan, browsing di Google cari spesifikasi ponsel bla bla bla tapi kadang masih juga bertanya sama teman. Tipikal orang Indonesia (?).
Dan, untuk jaga-jaga siapa tahu ada teman yang lain kali mau minta rekomendasi saya sengaja menulis ini, tidak perlu menulis lagi tinggal share saja.

Aplikasi Google Maps menyediakan fitur di mana kita bisa menambahkan sendiri lokasi kita: sekolah, masjid, pesantren, yayasan, toko buku, counter hp, laundry, kedai kopi, toko kelontong, bakery, dan seterusnya. Jika ada orang yang mencari lokasi kita, kita hanya tinggal shareloc.

Baik, begini kaifiyat menambahkan lokasi kita pada Google Maps

1. Pastikan data seluler atau WiFi dan lokasi (GPS) telah diaktifkan 


2. Buka aplikasi Google Maps


3. Tekan striping tiga yang terletak pada sudah kiri atas lalu tekan "tambahkan tempat"


4. Masukkan kolom form yang akan dipakai sebagai data lokasi kita yang akan masukkan pada Google Maps, di antaranya: nama tempat, alamat, kode pos, telepon, dan foto-foto pendukung jam kerja



5. Jika sudah diisi semuanya, tekan ikon kirim yang berupa segitiga/pesawat kertas yang berada di sudut kanan atas form.


6. Tunggu sampai ada pemberitahuan persetujuan dari Google Maps, yang masuk ke akun Gmail kita paling lama 48 jam (katanya sih!). Pengalaman saya, proses di wilayah jarang penduduknya relatif lebih cepat


7. Nah, jika disetujui isi e-mail kita isinya seperti contoh di bawah ini 


8. Dan, jika sudah disetujui dan Google Maps sudah mempublikasi, lokasi kita akan muncul di pencarian Google Maps. Contohnya


9. Setelah kita klik, lokasi kita pun muncul di peta. Contoh dalam mode satelit

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!