Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Sudut Pandang: Optimis, Komunis, Kapitalis atau Apakah Kita?

Menurut Miriam Budiardjo (almarhumah) -pakar ilmu politik Indonesia dan mantan anggota Komnas HAM- partai politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai, dan cita-cita yang sama dengan tujuan memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik (biasanya), dengan cara konstitusional guna melaksanakan kebijakan-kebijakan mereka. (Sumber: Wikipedia).

Jadi, apa pun partainya tetap saja bertujuan memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dengan cara konstitusional. Tapi apa iya konstitusional? Sepanjang yang saya tahu cara-cara yang dipakai malah seperti memakai hukum rimba. Saling menjatuhkan, saling merendahkan dan hal-hal yang tidak santun lainnya. Untuk menjatuhkan lawan politiknya tak segan menggunakan jualan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). Yang "Antek Wahyudi lah, Mamarika, Remason, Dajjal, Komunis, Kapitalis, dan lainnya".

Itulah salah satu sebab saya tidak menjadi anggota partai apa pun! Namun sebagai warga negara (yang baik) saya tidak juga menjadi golongan putih. Selama ini saya tetap ikut pemilu.

*********

Ada cara sederhana untuk mengetahui bagaimana cara berfikir kita. Gunakan setengah gelas air, dari situ kita akan tahu sudut pandang kita, apakah seorang optimis, pesimis, realis, idealis, komunis, kapitalis, nihilis, atau opurtunis.

Yang mana sudut pandang kita?

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!