Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya
Postingan

Ta'rif Neo-Liberalisme (Boediono Case)

Saat SBY memilih Boediono sbg cawapres, dunia politik Indonesia mendadak heboh. Reaksi umum yang awalnya terjadi adalah penolakan. Bagi parpol kayak PKS, penolakannya karena HNW ga dijadikan Wapres. Maklum mereka kan memang ngejar kekuasaan. Bagi sebagian kaum intelektual, penolakannya karena menganggap Boediono sbg kaki tangannya Barat yang mengidap neo-liberalisme c.q. anti ekonomi kerakyatan.



Saya penasaran dng neo-liberalisme. Apa sih? Maklum, kaum ceremeye. Akhirnya saya gugling, mencari ta'rifnya.

Dan ini definisi dari neolib yakni paham ekonomi yg mengacu pada filosofi ekonomi politik yang mengurangi atau menolak campur tangan pemerintah dalam ekonomi domestik; berfokus pada pasar bebas, pembatasan yg sedikit thd perilaku bisnis dan hak2 pribadi.

Kebijakan luar negeri paham ini adalah membuka pasar dng cara politis dan/intervensi militer (melalui kartel WTO, World Bank, IMF) dan perdagangan bebas.

Untuk efisiensi korporasi paham ini menolak/mengurangi hak2 pekerja dan daya tawar kolektif. Dan ini menjadi perintang bagi perdagangan adil, gerakan pendukung hak2 pekerja dan keadilan sosial yang seharusnya menjadi prioritas terbesar dlm hubungan internasional dan ekonomi. Dan tentu saja, paham ini bertentangan dng sosialisme, proteksionisme, ekonomi kerakyatan dan enviromentalisme.
--------------------------------------------------------------
Ovi Files lets you access your PC from anywhere
http://files.ovi.com

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!