Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

"Bahasa Slang" untuk Balita

Minggu ini, keponakan saya dari Batang, Jawa Tengah datang silaturrahin ke Palembang. Ia baru berumur 5 tahun kurang, seumuran dengan putri saya yang kedua. Ini penampakan Hana (putri kedua saya) dan Fifi si ponakan.



Selama di Palembang, si Ponakan sempat berkeliling kota dan melihat Jembatan Ampera yang legendaris itu. Nih, penampakannya jika dilihat dari 9/10 Ulu



Kedatangan si ponakan, membuat ingatan saya terbang ke masa lalu: kampung halaman, masa kecil yang -kurang bahagia, dan teman sepermainan. Kedatangannya juga mengingatkan saya akan bahasa yang khusus dipakai oleh anak-anak balita di Jawa Tengah. Saya menamakannya dengan "bahasa slang" untuk balita.

Berikut bahasa slang tersebut

1. Pakpung
Pak-pung adalah istilah yang dipakai untuk mandi. Bisa jadi, kata "pakpung" merupakan kependekan dari "kecipak kecipung", bunyi air saat balita memainkannya.

2. Mimik
Nah, kalau yang ini istilah untuk minum

3. Ma'em
Istilah untuk makan

4. E'ek
Istilah untuk pup.

5. Bobok
Nah, kalau bobok istilah untuk tidur.

6. Yeyek
Istilah untuk sesuatu yang menjijikkan.

7. Pipis
Istilah yang digunakan untuk kencing.

8. Sun
Istilah yang digunakan untuk cium.

9. Hii...
Istilah yang digunakan untuk menjauhi sesuatu

10. Manuk
Istilah untuk menyebut kemaluan.

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!