Memanfaatkan Situs Google Trends

Malam ini, sekira jam sembilan, saya melakukan "kegiatan iseng", yakni mencari tahu negara, kota dan bahasa mana saja yang paling sering digunakan dalam pencarian kata "Islam" memakai mesin pencari Google. Untuk hal ini saya menggunakan situs Google Trends yang beralamat di google.co.id/trends. Saya merasa, sepertinya situs ini cocok digunakan bagi peminat masalah-masalah sosial, budaya dan geografi.

Hasil pencariannya adalah:
1. Untuk kategori negara, Indonesia menempati urutan teratas, disusul Malaysia, Pakistan, Maroko, Uni Emirat Arab, Mesir, Turki. Negara-negara tersebut merupakan negara Muslim. Disusul 3 negara di Eropa, yakni Norwegia, Belanda dan Belgia.
2. Sedangkan untuk kategori kota, masih dipegang Indonesia yaitu Jakarta. Disusul Kuala Lumpur (Malaysia), Rabat, Casablanca (Maroko), Ankara, Istanbul (Turki), Brussels (Belgia), Amsterdam (Belanda), Paris (Perancis), dan Brentford (Inggris).
Anda tertarik untuk mencari kata-kata yang lain?
Memanfaatkan Situs Google Trends Memanfaatkan Situs Google Trends Reviewed by Kosim Abina Aziyz on July 15, 2010 Rating: 5

4 comments:

  1. google trends adalah salah satu bendera perang yang paling dahsyat dibanding mesin pencari lainya, apalagi ditambahnya system data bse google dan system pengindexan yang baru, walaupun belum sepenuhnya selesai tapi segera google trends berkibar lagi

    ReplyDelete
  2. Google trends pergerakannya cepat, khusus untuk Indonesia mendominasi keyword "download".

    ReplyDelete
  3. wah, dapat pencerahan. setidaknya dapat menjadi pijakan untuk membuat tulisan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    ReplyDelete
  4. ya bener skali gan.... sayang klo trends tidk dimanfaatkan dengan maksimal!

    btw, bisa bertukar link nggak ya?

    salam kenal!

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.