Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Flora Khas Kaltim: Anggrek Hitam, ada di Kubar.


Di Kutai Barat terdapat destinasi wisata bernama Kersik Luway, 20-an km dari Melak. Salah satu yang khas dari tempat ini adalah adanya taman anggrek, dan yang paling terkenal adalah anggrek hitam. Kebetulan juga istriku punya tanamannya. Dan ini spesifikasinya:
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang hanya tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek hitam adalah maskot flora propinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway , Kutai Barat, dalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

Karakteristik Tanaman

Dinamakan anggrek hitam karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum semerbak dan biasa mekar pada bulan Maret hingga Juni.
Anggrek hitam termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan daun terjulur di atasnya. Setiap bulb hanya memiliki dua lembar daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip seperti daun pada tunas kelapa.

Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan: Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Asparagales
Famili:
Orchidaceae
Genus:
Coelogyne
Spesies: C. pandurata


Untuk melihat foto-foto anggrek hitam yang lagi mekar,silahkan klik Di sini

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

3 komentar

  1. halo
  2. assalamu'alaikum pak.
    saya sangt berminat dngn anggrek hitam
    krna di tmpt saya nggk ada anggrek hitam.
    kira-kira saya bisa mendapatkan bibitnya?
    mohon bantuannya.
  3. wa'alaikum salam.
    Anda tinggal di mana? kalau ambil di Kersiq Luway, dilarang. Kersiq Luway termasuk cagar alam.
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!