Tips Menaikkan Trafik ke Blog Kita

Seorang Blogger dari Melaka, Malaysia bernama Zainiey Zulkipli dalam komentarnya di blog ini menanyakan -dalam bahasa Malaysia- tentang cara menaikkan trafik ke sebuah blog.

Okelah, meskipun blog ini -saat postingan ini ditulis- sudah dikunjungi oleh 25.121 pengunjung dari 77 negara (dihitung mulai 25 Agustus 2009) dengan 54.437 pageviews, PR 2 namun ranking alexa-nya 2.655.799 dan ranking Blog Indonesia 2.320, artinya blog ini kurang dikunjungi dan dikenal oleh netter. Tapi, gak apa-apa, bagi saya yang penting ngeblog. Saya gak peduli mau dapat ranking berapa :).

Dan, postingan berikut adalah tips untuk meningkatkan trafik secara alami (berdasar pengalaman):
1. Rajin memposting
Bila kita mempunyai banyak postingan, akan banyak kemungkinan dikunjungi orang sebab banyak juga yang diindeks oleh Google.
2. Blogwalking dan Berkomentar
Bila kita sering blogwalking atau berkomentar di blog teman, hal ini dapat meningkatkan trafik sebab ada backlink yang kita tinggalkan.
3. Ikut Komunitas Blogger
Ini adalah salah satu cara mengenalkan blog kita. Komunitas blogger yang dapat kita ikuti banyak macamnya, seperti berdasar asal daerah, hobi, dll.
4. Kirim Postingan ke Agregator Website
Agregator website bisa dipakai untuk mempromosikan blog kita. Bila postingan kita menarik dan bagus, biasanya akan banyak dikunjungi.
5. Pasang widget "share" pada blog kita
Widget ini bisa digunakan oleh kita atau pengunjung untuk mengenalkan blog kita baik melalui e-mail, myspace, facebook, twitter, atau lainnya.
6. Saling Tukar Link
Semakin banyak link blog kita dipasang oleh blog teman, semakin memperbesar peluang meningkatnya trafik. Termasuk pula di dalamnya, menjadi follower blog teman melalui Google Friend Connect
7. Tambahan
Ada juga cara lain seperti mengatur blog kita menjadi blog do-follow. Atau ada juga dengan membeli backlink. Cara yang ketujuh ini, tidak saya pakai dan rekomendasikan.
Sebaiknya perlu pula ditetapkan pada diri kita: apa motif kita ngeblog sehingga masalah tentang trafik menjadi jelas, perlukah "deretan angka-angka itu"?
Tips Menaikkan Trafik ke Blog Kita Tips Menaikkan Trafik ke Blog Kita Reviewed by Kosim Abina Aziyz on December 10, 2010 Rating: 5

3 comments:

  1. Sama Pak..kalau saya tidak terlalu mementingkan traffic karena tujuan utama saya ngeblog adalah agar bisa menulis dan bisa mendapatkan sahabat baru. Unntuk traffic dan pagerank itu bonus yang menyenangkan :)

    Jadi Pak Qosim sudah pindah ke Kutai Timur yaa..saya mohon maaf juga karena lama tidak ke sini.

    Salam bahagia selalu untuk Pak Qosim sekeluarga

    ReplyDelete
  2. asiik, ,keren banget sob udah dapat pagerank 2 . blog ku belum naik2 juga tuh pr nya . heheheh

    tips ini sangat berguna bagi saya yg sedang belajar SEO :0

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya, cuma kayaknya perlu ada terobosan untuk dapetin trafik, kayak bikin kaos terus dibagi2 ke orang...

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.