Ruang Penyimpanan untuk Blogger

Dari link yang ditinggalkan teman, saya mendapatkan info adanya penawaran hosting berbayar bagi para blogger. Alasannya karena adanya keterbatasan hosting gratis bagi blog. Nah, bila kuotanya sudah sampai, hanya ada 2 pilihan: menghapus file lama atau upgrade storage.

Beberapa layanan hosting gratis seperti 50webs memang 'limited' namun bila kita memakai hosting blog*spot (punya google), berapapun dan apapun topik yang kita posting, storage blogger bersifat 'unlimited' dengan bandwidth yang besar.

Layanan Google yang banyak dipakai orang, sebetulnya juga 'limited'. Gmail, layanan google untuk email, memberi kuota 7+ GB (dan akan terus bertambah). Dengan kuota sebesar ini, kalau hanya untuk saling berkirim email, sepertinya lama sekali baru habis, malah bisa dikatakan seperti 'unlimited'. Google docs, layanan penyimpanan untuk dokumen, spreadsheet dan presentasi, memiliki kuota 1 GB.
Nah, bila kita memposting gambar/foto ke blogger, gambar tadi akan dihosting ke Album Web Picasa, layanan hosting gratis google untuk penyimpanan gambar. Kuota Album Picasa Picasa sebesar 1 GB. Sama seperti link teman, Google menawarkan memori tambahan yang bisa kita beli. Mulai dari 20 GB ($5/tahun) sampai 16 TB ($4096/tahun). 1 TB=1024 GB.
Bagi saya sih mengapa memilih blogspot sebagai hosting, yah salah satunya karena gratis :')
Ruang Penyimpanan untuk Blogger Ruang Penyimpanan untuk Blogger Reviewed by Kosim Abina Aziyz on February 03, 2010 Rating: 5

4 comments:

  1. benar sob, pakai blogspot lebih leluasa tuk berkreasi.:D

    ReplyDelete
  2. saya memakai blogspot. alamat web saya www.sepatufutsalkeren.tk, saya kesulitan untuk upload gambar lagi,,,padahal kuota nya kan unlimited, mungkin bapak bisa menolong saya memberikan solusinya.Terima kasih banyak pak

    ReplyDelete
  3. @sepatu futsalku: foto, gambar dan video yang diposting ke blogspot akan dihosting ke Picasa, layanan hosting milik Google. Nah, dalam hal ini Google hanya menyediakan storage sebesar 1 GB. Dengan demikianbisa dikatakan hosting untuk foto atau gambar tidak "unlimited". beda dengan postingan berupa "teks". Bisa dianggap unlimited.
    Solusi: 1. Anda bisa membeli tambahan storage, silakan klik di http://goo.gl/yHwQ
    2. Untuk memposting foto gunakanlah foto dari ponsel, bukan dari kamera. Mengapa? Ukuran foto di ponsel lebih kecil. Contoh: 1 buah foto yang dikutip dari Kamera Canon 5 MP dengan resolusi 3872 x 2592 bisa berukuran sebesar 3,6 MB sedangkan dari kamera ponsel Nokia 2 MP resolusi 1200 x 1600 berukuran 140 kB.
    Anda bisa melihat postingan foto dari ponsel Nokia 3120c di blog ini, coba lihat di http://goo.gl/jHSDt. satu foto di postingan ini berukuran rata2 64 kB. Sangat kecil kan bila dibanding dari Kamera? Ini adalah trik untuk memperlambat habisnya storage. Selama ini saya sering kirim postingan lewat ponsel memakai fitur push email (Nokia 3120c). Lebih hemat gitu. Coba klik http://goo.gl/LGNkl untuk membaca mobile blogging.
    3. Kurangi postingan beupa video
    Demikian mudah2an bisa membantu :)

    ReplyDelete
  4. Tambahan: untuk mengetahui seberapa besar storage yang tersisa silakan klik http://picasaweb.google.com/home dan masuk menggunakan akun Google. Lihat di bagian bawah ada kata2 "You are currently using 19 MB (1.93%) of your 1024 MB" Ini sekedar contoh. Kesulitan upload bisa juga karena besarnya ukuran foto (tidak serta merta karena storage )dan kadang-kadang jaringan ikut berpengaruh. Ini berdasarkan pengalaman.

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.