Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Perbandingan antara Facebook dan Blogger




Setelah sebelas bulan berkutat di dunia blog dan setengah tahunan menjadi pengguna Facebook, saya ingin mengeluarkan unek-unek untuk membandingkan keduanya (secara subjektif).

1. Pengguna.
Facebookers di Indonesia berkisar 11 jutaan (2009), sedang blogger Indonesia berkisar 1 jutaan. Ini berarti FB lebih populer dibanding blogger (blogspot, WP) apalagi ditunjang dengan mobile internet. Pengguna FB di dunia bahkan mencapai 350 juta.

2. Kreativitas
Agar tampilan blog menarik, para blogger dituntut memiliki keterampilan dalam desain, penyuntingan script HTML, template, penerbitan entri (teks, foto, video) dan pemilihan widget, sedangkan facebooker tinggal terima jadi format yang disediakan oleh FB yang serba biru itu. Kegiatan yang dilakukan paling kirim status, upload foto, copas artikel dari blog ke catatan dan copas link.
3. Konten
Blog yang ada memiliki banyak sekali kategori seluas bidang yang digeluti manusia: mulai dari yang umum, kuliner, otomotif, sastra, agama, sains, teknologi, gadget, pertanian, iklan, dsb. Sedang FB -secara umum- berkutat pada " how are you doing 'n feeling?", ada memang yang membuat catatan tapi saya lihat yang suka begini adalah yang aktif sebagai blogger juga. Bila kita sering blogwalking, kita akan mendapatkan pengetahuan, wawasan, cara pandang dan teman baru dari berbagai kalangan dan bangsa, sedang bila kita FB-walking dengan membaca status teman, kebanyakan tidak berbobot, seperti "lagi makan nasi", "mengapa engkau pergi", "aku rindu kamu","aku mau ke WC","mau tidur nih", aaaargggh! Kalaupun ada yang bagus persentasenya sedikit, seperti "...sedang download smadav rev.8", kita jadi tahu oh ada smadav yang baru, atau "...orang afrika itu bla, bla, bla"
4. Penggunaan bahasa
Bahasa yang digunakan pada blog sangat kaya baik dari segi kosa kata, struktur, pendalaman bahasan maupun tema yang dipilih. Sedangkan bahasa pada FB begitu miskin, mungkin karena adanya batasan karakter, seringkali status yang dituliskan hanya satu kata, sulit dimengerti dan multitafsir seperti "gedubrak!". Apa maksudnya? Jatuh, pintu rebah, tabrakan sama sapi/mobil, atau apa. Itu masih untung, kadang malah ditulis dengan gaya alay yang merusak bahasa seperti"4q in91n k3 p454r". Status seperti ini menunjukkan orangnya goblok, tidak tahu alfabet, kalau saya jadi guru bahasa anak seperti ini tidak akan saya luluskan. Sejak kapan angka 4 menjadi huruf a? Sekolah di mana?
5. Nasib
Saya pernah berfikir, kepopuleran FB bisa "membunuh" blog sebagai sesama media berplatform web 2.0. Namun, kegiatan blogwalking yang kadang saya lakukan memperlihatkan bahwa aktivitas blogger masih ada, dinamis dan tidak mati. Sementara FB, memdapat saingan: twitter, plurk, myspace, friendster edisi 2, adandu, google wave, dsb. Dan bagi saya, FB saya perlakukan sebagai media komunikasi saja, tak lebih. Sedang blog saya perlakukan lebih dari itu: publikasi ide, catatan tentang sesuatu, dokumentasi, penyaluran hobi, tempat belajar menulis dan berbahasa, di samping sebagai media komunikasi itu sendiri.
--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Free email account from Nokia
http://mail.ovi.com

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

2 komentar

  1. betul sekali kang, ak yg br kenal dunia maya aj ngerasain hal yg sama spt yag njenengan tulis..semula asyik,ketemu banyak kawan yang dah lama lost contact,tanya kbr kwn2 yg lain, bisa saling coment, becanda, intinya bikin suasana menjadi lebih akrab..tapi sekarang, sudah mulai jenuh, krn miskin content..ak lebih suka jalan2 ke blog..lumayan dapat pencerahan yg lebih bermutu..
  2. Makasih, dah mampir...salam untuk tanah Tersono
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!