Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Musim Durian di Kutai Barat

Salah satu kearifan lokal dari warga Dayak Tonyooi dan Benuaq di Kutai Barat adalah bahwa mereka mempunyai "lembo". Lembo merupakan sebidang tanah dengan luas yang bervariasi, berisi bermacam-macam pohon keras berjenis buah-buahan. Lembo, dahulunya adalah rumah (adat). Biji-bijian dari buah yang dimakan oleh nenek moyang kemudian tumbuh menjadi pepohonan sehingga bisa dimanfaatkan oleh anak cucu di kemudian hari.

Bulan-bulan terakhir ini merupakan musim durian di Kutai Barat. Banyak dari buah durian tersebut dikirim ke Samarinda. Selama ini, alhamdulillah, saya tidak terlalu ngebet sama durian. Gara-gara sering dipanggil teman untuk makan durian, dikasih gitu, tidak beli! Pernah di kampung Gemuruh, Bigung Baru, dan Dempar. Terakhir disuruh makan sepuasnya. Saya tidak kuat, kepala saya pusing! Yah, akhirnya dibawa pulang pakai karung.

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

1 komentar

  1. sudah saatnya saya makan sampai puas!!!!
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!