Definisi dan Tujuan Phishing

DEFINISI PHISHING

Kemarin-kemarin, saya membaca berita ada sekitar 50 orang ditangkap di AS karena mereka melakukan phishing dan bekerja sama dengan orang Mesir mengelabuhi nasabah bank. Saya lalu googling untuk mencari tahu tentang phishing dan di antaranya saya dapatkan di detikcom.
Phishing adalah salah satu bentuk kejahatan elektronik dalam bentuk penipuan. Proses phishing bermaksud untuk menangkap informasi sensitif seperti username dan password dari sebuah email dan detail dari kartu kredit. Phishing menyaru sebagai sebuah entitas dan organisasi yang dapat dipercaya. Biasanya berkomunikasi melalui media elektronik.

Para phisher sering memakai situs sosial, lelang, pembayaran online, atau situs yang digunakan untuk urusan administrasi seperti situs penyedia email (gmail, yahoo!, hotmail) dan situs jejaring sosial (facebook, mySpace).

Phisher terkadang mengirimkan email resmi dan IM kepada pengguna dengan menggunakan situs resmi dan nama perusahaan lengkap dengan logo, header email resmi, stempel dan tanda tangan pimpinan perusahaan.

TUJUAN
1. Menangkap akun pengguna dan password untuk mengeksploitasi data pengguna dan administrator
2. Tawaran investasi palsu untuk menipu
3. Memberikan informasi sesat sebuah perusahaan (black campaign)

Postingan terkait:
  • Antisipasi Phisihing terhadap Email Kita

  • --------------------------------------------------------------
    Ovi Mail: Available in 15 languages
    http://mail.ovi.com
    Definisi dan Tujuan Phishing Definisi dan Tujuan Phishing Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 12, 2009 Rating: 5

    1 comment:

    1. saya sudah sering menerima email dari orang-orang yang mengaku dirinya mempunyai banyak simpanan dana di sebuah bank di negara tertentu, dengan alasan akan memberikan uang tersebut kepada saya, alasannya adalah untuk dikelola dan diberikan hasilnya kepada orang-orang kekurangan.

      bahkan diantaranya mengaku dana tersebut merupakan peninggalan dari seseorang yang telah meninggal dunia dan ingin diberikan kepada orang yang dianggap dipercaya

      semuanya berasal dari negara luar. menggunakan bahasa Inggris dan mereka memberikan alamat tertentu serta data-data yang lain

      tapi surat seperti ini biasanya langsung saya delete.

      terima kasih infonya Pak Qosim :)

      ReplyDelete

    Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
    ---Kosim Abina Aziyz

    Powered by Blogger.