Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Belajar dari Musibah Pesawat Terbang

Pagi itu, di Lempake-Samarinda, saya mendengarkan cerita dari seorang Bapak Tua. Beliau menceritakan kisah nyata untuk diambil pelajaran, dalam hal ini beliau mengambil kasus musibah yang terjadi dalam penerbangan.
Dalam menghadapi masalah, manusia dibagi menjadi 3 golongan: panik, tenang dan masa bodoh.
Pertama, saat pesawat Adam Air menghunjam di perairan Majene. Dalam kotak hitam yang ditemukan, diketahui saat mesin mengalami gangguan, sang pilot begitu panik dan akhirnya terjadilah insiden itu.
Kedua, kejadian yang terjadi di Jawa Tengah. Saat penerbangan, mesin pesawat juga mengalami gangguan. Pilot -konon- menghadapinya dengan tenang, mungkin sambil dzikir. Oleh pilot pesawat berhasil mendarat di Bengawan Sala, sebuah sungai di Jawa Tengah, dan selamat. Meski ada yang meninggal yakni sang pramugari.
Ketiga, musibah yang terjadi di Bulungan, Kalimantan Timur. Kisahnya, semua penumpang pesawat dan pilot meninggal kecuali satu orang. Orang yang bisa selamat ini terlempar dari pesawat sebab tidak memakai sabuk pengaman. Dari sisi peraturan dan safety, jelas orang ini termasuk orang yang masa bodoh terhadap peraturan keamanan, namun justru menyebabkan dia selamat.
Dalam menghadapi masalah, termasuk manakah kita? Panik, tenang atau masa bodoh?
--------------------------------------------------------------
Ovi Store: Fresh apps and more
http://store.ovi.com/?cid=ovistore-fw-bac-na-acq-na-ovimail-g0-na-4

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!