Bahasa Daerah yang Mau Punah

Indonesia memiliki 742 bahasa daerah. Dari bahasa daerah tersebut, terdapat 13 bahasa dengan penutur >1 juta. Sehingga ada 729 bahasa yang memiliki <1 juta penutur dengan 169 bahasa di antaranya dianggap mau punah. Penyebab mau punahnya 169 bahasa daerah adalah jumlah penutur <500 jiwa dan tidak memiliki tulisan (tradisi lisan saja).

Menurut Multamia RMT Lauder dari Dept. Linguistik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia seperti dikutip inilah.com bahasa yang mempunyai sedikit penutur tetapi berpotensi untuk hidup sekurang-kurangnya dipakai oleh 1.000 penutur. Dan, ini beberapa bahasa daerah yang mau punah: Sumatera (Lom); Kalimantan (Lengilu, Punan Merah, Aoheng); Sulawesi (Budong-budong, Dampal, Bahonsui, Baras); Maluku (Hukumina, Kayeli, Nakaela, Hoti, Hulung, Kamarian, Salang); Papua (Mapia, Tandia, Bonerif, Saponi).
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Free email account from Nokia
http://mail.ovi.com
Bahasa Daerah yang Mau Punah Bahasa Daerah yang Mau Punah Reviewed by Kosim Abina Aziyz on August 10, 2009 Rating: 5

No comments:

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.