Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya
Postingan

Aplikasi Compass (virtual) untuk Ponsel

Malam ini saya naik kapal ke Samarinda. Menyusuri Mahakam, tentunya. Di kapal ketemu sama teman dari Balikpapan, salah seorang poller LSI -yg dianggap dekat sama SBY- yg bertugas di Kutai Barat.
Saya tak ingin membahas hasil polling. Hanya ingin berbagi cerita tentang manfaat aplikasi kompas pada ponsel yg saya daunlot 4 bulan yg lalu, yakni ketika saya akan mengerjakan shalat dan mencari tahu arah qiblat yg susah diketahui bila kita berada di atas kapal Mahakam.

Aplikasi ini saya dapatkan di situs m.getjar.com dengan nama "Compass". Caranya: setelah membuka m.getjar.com, sorot ke kolom search, ketikkan kata compass dan klik search. Beberapa aplikasi mungkin akan terlihat pilih saja compass. Habis itu siap untuk didaunlot.
Kelebihannya: kita bisa menentukan arah North atau South dengan melihat posisi bulan atau matahari, juga destinasi relijius (arah qiblat) yang terdiri dari 3 kota: Makkah, Bahji, dan Jerussalem. Bagi Muslim ya pilih Makkah yang ditampilkan dengan karakter D pada display. Untuk keperluan ini, Kita hanya perlu memasukkan koordinat kampung kita dengan mengeklik pilihan>location. Bisa diketahui pakai google dengan kata pencarian "koordinat kota samarinda", misalnya. Untuk lainnya yg perlu diperhatikan adalah tentang orientasi yaitu Pilihan>options pada screen faces pilih sky dan pada screen top points pilih North. Yang lebih penting lagi ponsel kita mendukung J2ME (Java to Mobile Edition). Dan, bila kita ingin tahu kiblat cukup pakai ponsel asal matahari atau bulan nongol di langit.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Easy setup in minutes
http://mail.ovi.com

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!