SUNGAI MAHAKAM: SATWA KHAS (2)



Logo PON XIV/Kaltim 2008 (ekor Pesut)
Saya pernah bekerja sebagai operator mesin fotokopi di Samarinda sewaktu masih bujang. Suatu hari saya kedatangan perempuan Barat. Dari pembicaraan –memakai bahasa Indonesia- didapat informasi bahwa dia merupakan peneliti dari Universiteit Amsterdam, Netherlands dengan objek penelitian ikan lumba-lumba air tawar. Mau bikin thesis katanya.
Dari situ saya tahu bahwa Pesut, nama lokal ikan lumba-lumba air tawar yang juga menjadi maskot PON XIV Kaltim 2008 merupakan satwa khas sungai Mahakam. Di dunia, menurut Wong Londo tadi cuma ada 3 tempat (habitat) bagi ikan tersebut: sungai Yang Tze Kiang (RRC), sungai Amazone (Brasil) dan Mahakam (RI).
Menurut cerita rakyat yang beredar di sepanjang Mahakam, Pesut dulunya adalah sepasang manusia. Mungkin ini merupakan salah satu kearifan lokal untuk menjaga kelestarian Pesut sebab bila membunuhnya sama saja mebunuh manusia.
SUNGAI MAHAKAM: SATWA KHAS (2) SUNGAI MAHAKAM: SATWA KHAS (2) Reviewed by Kosim Abina Aziyz on February 23, 2009 Rating: 5

No comments:

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.