Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Sekilas Kutai Barat


Kutai Barat merupakan kabupaten yang berada di "heartland of Borneo". Secara demografis, Kubar merupakan daerah yang heterogen. Ini adalah kabupaten di mana suku Dayak merupakan native. Ada beberapa sub suku seperti: Tonyooi, Benuaq, Kayan, Kenyah, Bahau, Penihing, dan Dayak dari kalteng seperti bekumpai. Mereka hidup bersama dengan suku lain: Kutai (native), Bugis, Jawa, Banjar.

Kabupaten ini terdiri dari 21 kecamatan dengan wilayah seluas propinsi Jawa Barat! Kaya akan bahan tambang dan perkayuan. Dan ini profil singkatnya, menurut situs wikipedia:


Motto: Tanai Purai Ngeriman artinya : Tanah Subur Makmur Melimpah Ruah

Provinsi Kalimantan Timur

Ibu kota Sendawar

Luas 33.052 km²

Penduduk · Jumlah 147.161 jiwa ·

Kepadatan 4,12 jiwa/km²

Pembagian administratif · Kecamatan 21 · Desa/kelurahan 223

Dasar hukum UU No. 47 Tahun 1999

Tanggal Hari jadi 5 Nopember

Bupati Ismail Thomas, SH, Wabup: H. Didik Effendi, S. Sos

Kode area telepon 0545

Kecamatan-kecamatan:

Barong TongkokBentian BesarBonganDamaiJempangLahamLinggang BigungLong ApariLong BagunLong HubungLong IramLong PahangaiMook Manar BulatnMelakMuara LawaMuara PahuNyuwatanPenyinggahanSekolaq DaratSiluq NguraiTering

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!