Kota Sendawar: Kec. Melak (1)

Ibukota Kutai Barat adalah Sendawar, merupakan kota yang terdiri dari 3 kecamatan yaitu: Melak, Barong Tongkok, dan Sekolaq Darat.
Berikut artikel tentang Kec. Melak, tempat saya tinggal, saya ambil dari Wikipedia:

Kecamatan ini merupakan pintu masuk utama ke Kabupaten Kutai Barat, melalui transportasi darat dan air, dan merupakan kecamatan dengan areal luas terkecil dibandingkan 20 kecamatan lainnya di Kutai Barat. Melak mempunyai luas wilayah 287.87 Km2. Nama Camat : Drs. M. Yasir Perkampungan di wilayah Administrasi Kecamatan Melak :

   1. Melak Ilir
  2. Melak Ulu
  3. Empakuq
  4. Muara Bunyut
  5. Empas

- PENDUDUK Kecamatan Melak dihuni oleh 2503 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Melak adalah 10201 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 5117 orang dan jumlah penduduk perempuan 5084 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Melak adalah 35.436134366207 jiwa/Km2.

POTENSI DAERAH
1. Pertanian
  2. Perikanan
  3. Peternakan
  4. Perkebunan
Kota Sendawar: Kec. Melak (1) Kota Sendawar: Kec. Melak  (1) Reviewed by Kosim Abina Aziyz on February 28, 2009 Rating: 5

10 comments:

  1. DARI SAMARINDA KE SENDAWAR TU NAIK PESAWAT APA YA MAS???

    ReplyDelete
  2. Anda bisa naik pesawat "Bintang Sendawar", route Sendawar-Balikpapan, transit di Samarinda. Mengenai jadwal saya gak tahu brp kali per hari? Klau saya seringx naik kapal via Sungai Kunjang. Lewat jalan darat sdh mulus sekitar 7-8 jam dr Sungai Kunjang.

    ReplyDelete
  3. kalau kirim paket ke Bunyut pakai apa ya?mau kirim jus kulit manggis

    ReplyDelete
  4. @ pak Budi: sayangnya Anda tidak menyebutkan tinggal di mana. Bila Anda berdomisili di Samarinda, Anda bisa menitipkan lewat kapal yg ada di pelabuhan feri Sei Kunjang, berangkat jam 7 pagi. Paling cepat skira jam 10 malamx tiba di bunyut. Suruh penerima paket menunggu di dermaga, jngan lupa catat nama kapalnya. Bila Anda tidak berdomisili di Samarinda bisa via TIKI atau Kantor Pos. Beri nmr ponsel penerima pada paket shg pihak pos bisa mengkonfirmasi penerima seandainya tidak bisa diantar. Demikian, mudahan bisa dikirim paketx.

    ReplyDelete
  5. pak, saya ada planning untuk mengadakan KKN di wilayah Kersik Luway dengan tema pelestarian anggrek hitam.
    Bisa tolong dijelaskan cara menuju Kersik Luway dengan biaya semurah mungkin plus lamanya perjalanan.. (kalo bisa se detail mungkin, ^^)

    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. @ sdr. Chaney: anda kuliah di Unmulkah? Oke, akan saya jelaskan secara ringkas.
    Ada 2 jalur yang bisa ditempuh dari samarinda menuju melak:
    1. Jalur air, anda bisa naik kapal kapal dari pelabuhan feri di seberang jalan terminal sungai kunjang-samarinda, cari kapal dng tujuan melak. Tarifnya: lantai dasar Rp 100 rb/orang, lantai atas (bekasur) Rp 120 rb/orang. Konsumsi: rata2 Rp 15 rb/porsi/orang. Lama perjalanan normal: 15-20 jam, tergantung muatan kapal dan volume air sungai. Berangkat jam 7 pagi setiap hari.
    2. Jalur darat, anda bisa naik bus dari terminal sungai kunjang. Tarif Rp 80 rb/orang. Berhenti untuk istirahat di resak, Bongan (kubar), sediakan Rp 25 rb/porsi untuk makan-minum di sini. Durasi normal: 8 jam. Bila anda berangkat tengah hari sampai di melak malam jam 9-an. Tp jangan khawatir, biar malam, melak masih ramai (di sekitar pelabuhan) makanan di sini bisa dijamin kehalalanx. Penginapan juga banyak, mau tidur di musala jg bisa :)
    3. Saya sarankan sebelum KKN, anda menemui bpk kepala kampung sekolaq darat dulu, persiapan untuk akomodasi nantinya. Sekolaq darat adalah kampung terdekat dari kersiq luway, berjarak 4 km. Dari melak ke sekolaq darat berjarak sekitar 13 km. Biasanya naik ojek dng tarif kalau ga salah sekira Rp 50 rb. Kalau rombongan, anda bisa mencharter mobil pickup dng tarif (mungkin) rp 150 rbuan.Di melak ada taksi namun routex Melak-barong.
    4. Saran saya, bila anda KKN sebaiknya membawa motor minimal 2 mtr. Akan sangat berguna untuk mobilitas di kutai barat. Biaya di kpal=1 orang, plus ongkos buruh sekali naik/turun Rp 30.000,-
    5. Demikian penjelasan ringkasx bila ada pertanyaan lagi, silakan hub ke email saya, ada di flash banner di bag. bawah blog ini. Thanks.

    ReplyDelete
  7. saya anak UGM 2007 ..

    rencana bulan Juli KKN nya,,

    bulan depan baru mulai survey kesana ..

    semoga aja sukses,, amin..

    makaseh pak

    ReplyDelete
  8. Oh, priyantun saking Ngayogyakarta tho.
    Saya tambahkan: bila naik pesawat ke Balikpapan, bisa dari Jogja transit di Surabaya. Kalau mau yg agak hemat naikx dr Surabaya sj. Stlah sampai Bandara, anda bisa naik taksi argo. Tarif ke samarinda Rp 250 rb. Kalau naik bus tarifx Rp 22.500,-/orang. Jarak Smrd-Blppn:115 km, lama prjalanan +/- 3 jam. Dari Bandara ke terminal Batuampar (antarkota) naik 2x taksi, 1. Naik angkot ke terminal damai (dalam kota) 2. Dari terminal damai bru ke terminal bt. Ampar. Tarif Rp 3.000,- /orang. Bus ke Smarinda tersedia sampai jam 8 malam. Smrd-melak sekira 350 km. Silakan kirim nomor ponsel dan alamat email anda ke email atau akun FB, mudah2an bila tidak ada halangan saya bisa membantu. Insya Allah.

    ReplyDelete
  9. boleh numpang nanya nda
    tiki cabang melak,
    alamatnya dimana ya

    ReplyDelete
  10. @ikky: boleh saja, alamatx di jl. Poros Melak-Barong Tongkok, Kampung Ngenyan Asa, Barong Tongkok, Sendawar, Kutai Barat. Cuma RT-nya ga tahu?

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.