Membuat Secangkir Brownies, Iya Secangkir!

Brownies, makanan ini saya kenal pertama kali di Batam, Kepulauan Riau, 5 tahun yang lalu. Saat ada acara di sana, saya diajak teman ke Jembatan Barelang (Batam, Rempang, Galang). Pulangnya singgah ke sebuah rumah makan, rupanya teman mengambil uang hasil jualan Brownies yang dititip di sana. Padahal saya sudah berharap mau ditraktir sama dia. Lumayan dapat gratisa. Eh, rupanya tidak! Dilihat dari harga, makanan ini termasuk makanan mahal. Karena tidak sinkron antara harga dan "besarannya". Tapi, kayaknya sih makanannya enak.

Oh ya, ini kenang-kenangan saat saya berdiri di pinggiran atau lebih tepatnya pedestrian Jembatan Barelang, Batam.



Brownies, meskipun waktu itu baru melihat, namanya sudah sering saya dengar. Sepulang dari sana, Umminya anak-anak kemudian membuatkan untuk saya dan anak-anak. Akhirnya bisa juga saya makan!

Brownies, makanan cokelat manis yang dibuat oleh Wong Rumah (sebutan orang Palembang untuk Sang Istri) biasanya dibuat memakai cetakan dari aluminium bulat yang berlubang di tengahnya, yang biasa dipakai membuat kue bolu. Hasilnya jadi banyak, bisa dimakan berkali-kali dan bisa pula dibagikan ke teman-teman dan tetangga. Shadaqah gitu :P

Brownies yang pembuatannya akan saya share ini, agak lain. Soalnya alat cetakan yang dipakai adalah cangkir! Iya, cangkir. Sebetulnya saya lebih suka memakai istilah mug daripada cangkir tapi sudahlah! Kalau ada yang tanya, apakah blog ini berubah jadi blog kuliner? Jawabannya, Tidak! Ora! Laa! Nahi! Idak! Hek! Ndik! No! De'! Tetap seperti biasa: gado-gado. Lho?

Oke, langsung saja, inilah cara membuat brownies dalam sebuah cangkir (mug) atau kalau mau ikut judul postingan: Membuat Secangkir Brownies, Iya Secangkir!



1. Alat

a. Sediakan 1 mug tahan panas microwave
b. Microwave

2. Bahan-bahan

a. Tepung 4 sendok makan
b. Gula 4 sendok makan
c. Kakao 2 sendok makan
d. Minyak 2 sendok makan
e. Air 2 sendok makan
f. Vanila 1/3 sendok teh

3. Cara

Masukkan kedalam microwave selama 1 (satu) menit.
Membuat Secangkir Brownies, Iya Secangkir! Membuat Secangkir Brownies, Iya Secangkir! Reviewed by Kosim Abina Aziyz on January 14, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.