Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Memanfaatkan “SkyDrive untuk Windows” untuk Penyimpanan Daring dan Sinkronisasi Data


Dulu, awal-awal saya kenal komputer, pernah mengalami kejadian di mana seluruh data digital hilang saat komputer rusak. Gara-garanya menyimpan data di drive C. Setelah itu dapat ilmu baru data-data penting disimpan di partisi lain, D atau E. Selain itu, data-data juga di-back up dengan media lain seperti flash disk atau memori luar. Saat keluar daerah untuk mengurus keperluan yang berkaitan dengan dokumen, media seperti flash disk sangat membantu jika ada dokumen yang perlu disunting atau diperbaiki. Tidak perlu membawa CPU dan monitor. Repotnya jika kita kelupaan membawa flash disk. #curhatgakpenting

Berkaitan dengan penyimpanan dokumen, ada alternatif aman untuk menyimpannya: Penyimpanan Online atau sering juga disebut dengan Komputasi Awan. Dengan hal ini kita bisa mengakses dokumen dari mana pun secara virtual.

Ada beberapa layanan penyimpanan Online yang dapat kita manfaatkan secara gratis (membayar jika ingin lebih banyak kuotanya): Google Drive menyediakan 5 GB gratis; Dropbox 2 GB; Box 5 GB; Apple iCloud 5 Gb dan Microsoft SkyDrive menyediakan 7 GB.

Untuk penyimpanan Online, saya menggunakan Microsoft SkyDrive dengan alasan menyediakan kuota terbesar (7 GB) dan dapat mengolah file-file Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel dan Power Point. Dengan Skydrive dokumen-dokumen tersinkronisasi antara PC dan “Awan”.

Berikut adalah cara menggunakan Microsoft SkyDrive pada PC atau Notebook kita:
1. Mengunduh Aplikasi Desktop SkyDrive untuk Windows. Silakan klik gambar di bawah ini


download skydrive untuk Windows

2. Install setelah itu kita unduh
skydrive1
skydrive2
Klik tombol “Mulai”
3. Masukkan Akun Microsoft kita: Hotmail.com atau Outlook.com
skydrive3
Jika belum punya kun klik link Daftar Sekarang, dan akan muncul seperti di bawah ini
skydrive4

4. Memilih data yang akan kita sinkronkan
skydrive7
Jika memilih folder (bukan semua file) yang akan disinkronkan akan muncul seperti ini. Secara default akan tersimpan di drive C namun Kita bisa membuat folder sendiri pada partisi lain dengan menekan tombol “ubah”buat folder skydrive
Setelah jadi akan seperti ini tampilan pada Windows Explorer seperti ini. Masukkan dokumen yang akan kita sinkronkan ke folder SkyDrive (copy paste atau lainnya)
folder skydrive

5. Setelah itu proses instalasi selesai
skydrive6
Kita cek dokumen pada media Online, lihat pada taskbar desktop di sudut kanan bawah dan klik anak panah>ikon SkyDrive (Awan)> Kembali ke SkyDrive.com
sudut kanan bawah
Dan inilah penampakan dokumen yang telah tersinkronisasi
penampakan1
setelah kita klik seperti ini
tampilan doc di skydrive

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!