Sejarah April Mop

Ada suatu kebiasaan jahiliah yang patut kita waspadai bersama sebagai seorang Muslim; 1 April sebagai hari April Mop. April Mop sendiri adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya?

Sejarah April Mop
Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine's Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.
Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur'an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur'an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.
Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur'an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.
Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.
Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April's Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.
Jadi, perhatikan sekeliling Anda, anak Anda, atau Anda sendiri, mungkin terkena bungkus jahil April Mop tanpa kita sadari.

sumber: eramuslim(dot)com

 UPDATE tanggal 09 April 2010

Bantahan terhadap April Mop dari Syekh Yusuf Estes, Ketua World Assembly of Muslim Youth
sumber aslinya http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html dan ini terjemahannya:


ni Muncul Itu Muslim Apakah Orang Tolol
Sekarang tentang cerita yang tidak benar beredar di antara Muslim di Internet mengatakan bahwa April Fool's Day adalah perayaan kufar di atas penaklukan Muslim Spanyol. Aku merasa bahwa perlu untuk menjelaskan beberapa poin dalam bunga kebenaran, insya Allah.
Bismillah Al Hamdulilah adalah Salat wa Salam ala rasoolulah. Allahu Alim. Dengan nama Allah, aku memuji Allah dan meminta Perdamaian-Nya atas Muhammad, Ameen. Allah Sendiri adalah The All-lagi Maha Mengetahui.
Untuk melanjutkan: Sekali lagi, Muslim fabrikasi beredar di Internet berusaha untuk mengklaim hal-hal yang dapat dengan mudah dibuktikan tidak benar oleh orang Kristen dan non-Muslim yang bersukacita dalam mengawasi kita memainkan bagian dari Everyday Fools.
Kisah terbaru mengatakan bahwa orang Kristen tidak bisa menaklukkan kaum Muslim di sana dan mengirimkan mata-mata untuk menemukan alasannya. Menurut cerita, mereka menemukan bahwa kaum muslim ada pada 'Taqwah' (Allah Takut dan Saleh) Islam. Kemudian cerita itu mengatakan orang-orang Kristen dikirim dalam alkohol dan rokok yang Muslim digunakan dan kehilangan mereka 'Taqwah' dan kemudian orang-orang Kristen mengalahkan Muslim pertama pada bulan April dan mulai merayakan "April Fool's Day 'sejak itu. Kisah ini tidak benar dalam banyak aspek.
1) Pertama., Mari kita mempertimbangkan fakta sejarah Muslim Spanyol yang berakhir pada tanggal 12 Januari tahun 1492 AD Kristen namun 'April Fool's Day tidak mendengar sampai lebih dari lima puluh tahun kemudian. Sekali waktu, kembali di Perancis abad ke-16, sebelum komputer, orang merayakan Hari Tahun Baru pada tanggal 25 Maret datangnya musim semi. Itu adalah waktu meriah. Mereka berpesta terus sampai 1 April. Pada 1564, ketika reformasi dan menjadi kalender Gregorian, di bawah pengaruh Paus Gregory, King Charles IX memproklamirkan, mungkin sok, bahwa Hari Tahun Baru harus dirayakan pada 1 Januari bukan pada musim semi. diehard konservatif menolak perubahan (atau mungkin tidak mendengar tentang hal itu karena tidak adanya e-mail) dan dilanjutkan untuk merayakan Tahun Baru dari 25 Maret-1 April. Selama masa perayaan musim semi, yang lebih fleksibel Prancis mencemoohkan kaku bersuka ria dengan mengirimkan mereka hadiah bodoh dan undangan kepada pihak tidak ada. Korban dari suatu Hari April Mop
olok-olok itu disebut poisson "d'avril," atau "ikan April," karena pada waktu itu tahun, matahari sudah meninggalkan tanda zodiac dari Pisces. April Fools 'Day hit langkah nya (menghindari kulit pisang) di Inggris pada abad ke-18, dan dibawa ke Amerika kolonial oleh Inggris, Skotlandia, dan Perancis.
2) Kedua., Kita harus tahu bahwa rokok tidak bahkan menciptakan sampai SETELAH saat jatuhnya Muslim Spanyol (Januari 1492). Menurut College Negara di Framingham, kursus Biologi Manusia oleh Dr Roger Morrrissette, Ph.D., merokok dalam bentuk apapun tidak ada di Spanyol sampai setelah dibawa kembali dari Dunia Baru SETELAH Raja Ferdinand dan Ratu Isabella datang untuk memerintah Spanyol. Hal ini dari situs web mereka:
Pengantar Framingham State College Biologi Manusia Roger N. Morrissette, Ph.D.
I. Sejarah bebas.
900: merokok disebut di atas batu ukiran Maya.
1492: Columbus catatan penduduk asli di asap daun Dunia Baru.
1550: Spanyol mulai budidaya tembakau di Hindia Barat untuk ekspor ke Eropa.
1880: gunakan Tembakau luas tapi orang-orang hanya menggunakan jumlah kecil.
3) Muslim Spanyol. Mulai menurun pada saat Ibn Seenah dan lain-lain yang mulai menggunakan logika mereka di tempat Wahyu Ilahi Allah. Ada yang sangat tertarik dengan konsep filsafat Yunani dan Romawi dan dan mulai mencoba untuk 'memikirkan kembali "Islam banyak yang sama seperti beberapa' modernis 'lakukan hari ini. Ini benar setelah ini bahwa Islam Spanyol mulai membagi menjadi kerajaan kecil dan memerangi satu sama lain untuk kontrol dan emas. Mereka mempekerjakan tentara bayaran dari antara orang Kristen dan membunuh dan menghancurkan satu sama lain untuk beberapa tahun. Ketika orang-orang Kristen datang terhadap mereka pertama kali, mereka mengajukan banding ke penguasa Maghrib (Maroko) menyeberangi Laut Mediterania yang mengirim pasukan untuk memadamkan serangan. Dia ditetapkan bahwa umat Islam harus berhenti berjuang satu sama lain dan kembali ke sistem pemerintahan Islam di bawah satu pemimpin. Mereka tidak melakukannya. Ketika mereka mulai berkelahi satu sama lain lagi, orang-orang Kristen datang sangat kuat terhadap mereka dan kali ini penguasa Maroko menolak untuk membantu mereka. Mereka kalah perang setelah perang melawan orang-orang Kristen Romawi dan akhirnya benteng terakhir Islam jatuh kepada Raja Kristen, Ferdinand, pada bulan Januari 1492. [Untuk detail pesanan video "Muslim Spanyol"]
Jadi mengenai email yang mengklaim bahwa April Fools Day adalah perayaan mengambil alih Muslim Spanyol, jelas semuanya adalah terdiri berbohong. Ini benar-benar tidak bisa diterima dan harus dibawa ke perhatian orang yang mengirimkan ini berbaring di tempat pertama. Seorang Muslim yang baik tidak akan pernah menerima untuk mengulangi kebohongan dan fabrikasi khususnya dalam menyajikan fakta-fakta tentang sejarah Islam.
Jika Anda telah menerima surat seperti itu adalah tugas Anda di depan Allah untuk menulis kembali kepada mereka yang juga menerima dan meminta mereka untuk menghubungi semua orang yang di daftar mereka dan email kebenaran tentang masalah ini. Dan kita semua harus takut Hari ketika kita akan berdiri di hadapan Allah dan ditanya tentang hal ini.
Jika kita tidak melakukan sesuatu tentang mengoreksi pendidikan saudara terkasih dan saudari kita dalam Islam, kemudian sehari di internet adalah MUSLIM Fools Day.
Sekali lagi, hanya Allah yang memiliki Semua Pengetahuan. Mei Dia mengampuni kesalahan-kesalahan saya dan membimbing kita semua ke jalan yang benar, Ameen.
Sejarah April Mop Sejarah April Mop Reviewed by Kosim Abina Aziyz on April 05, 2010 Rating: 5
Powered by Blogger.