Kelebihan &Kekurangan Blogger (Blogspot)

Menjelang akhir tahun 2009 ini, saya ingin me-review platform blog yang selama 10 bulan ini membantu dan menemani saya menggantikan catatan konvensional (kertas) bermigrasi ke media online, yakni blogger. Review tentang kelebihan dan kekurangan blogger tentu saja bersifat subjektif

KELEBIHAN:
1. Blogger kepunyaan Google. Dengan akun yang sama kita bisa log ke layanan Google yang lain: gmail, orkut, album web picasa dan blogger itu sendiri. Artinya setiap postingan otomatis akan terkirim salinannya di Gmail, foto yang kita posting akan masuk di album web Picasa.
2. Karena punya Google, blog kita bisa terindeks cepat di search engine Google
3. Kita bisa mengunggah video berkat dukungan youtube yang juga punya Google
4. Kita bisa mengatur elemen halaman dengan mudah dengan klik dan seret (drag and drop) sesuai selera
5. Kita mendapat hosting gratis
6. Kita bisa menambah Google Adsense, layanan bagi hasil penayangan iklan dengan Google, sayangnya persyaratannya agak ketat, untuk layanan semisal kita di Indonesia lebih mudah ikut kumpulblogger.
7. Mendukung CSS style. Saya sendiri tidak 'mudeng' dengan bahasa pemrograman.
8. Kita bisa menanggulangi spam dengan mengaturnya di moderation order dari commenting system-nya
9. Fitur mail to blogger. Kita bisa memposting via email baik dengan desktop maupun ponsel. Caranya: bila akun kita di Google misalnya abc@gmail.com dengan password 1234 maka postingan dapat kita kirim ke alamat abc.1234@blogger.com maka dia akan muncul di blog kita (postingan ini saya kirim lewat ponsel Nokia 3120c pakai push-email cq. Ovi Mail). Tarifnya juga hemat, pengalaman saya, postingan tanpa foto memakan pulsa < Rp 50,- (jika tarif gprs Rp 1/kB dan ukuran postingan juga di bawah 50 kB, pakai foto juga bisa), Bandingkan jika kita harus ke warnet.
10. Kita bisa memasang widget semau kita baik standar dari blogger maupun pihak ketiga (berupa script atau tidak)
11. Oya lupa, mudah membuatnya tanpa perlu konfirmasi email, sudah disediakan wizard-nya

KEKURANGAN
1. Tidak bisa mengimpor dari WP, itupun kalau kita punya blog di WP mau kita pindah ke blogger.
2. Belum ada plugin untuk menampilkan blogger dalam format mobile seperti pada WP. Solusi: kita bisa mendaftar di mofuse agar blogspot kita jadi berformat mobile. Seperti versi mobile dari blog ini beralamat di berandakecilku.mofuse.mobi
3. Kata orang untuk kasih komentar ribet, karena banyak pilihan mau pakai akun google, live journal, dll. Tapi bisa kita setting biar tidak ribet.
4. Bila kita mengganti template, widget yang kita pasang akan hilang. Solusi: a. Sebelum mengganti template, template yang lama kita backup dulu, untuk jaga-jaga. b. Script widget yang sudah kita pasang, kita buka satu-satu dan kita simpan. Setelah template diganti, copy-paste script yang kita simpan tadi dan akan terpasang kembali. Memang agak ribet tapi daripada hilang.
5. Dibanding WP, tema untuk blogger relatif sedikit. Tapi menurut blogger sendiri memang ditujukan untuk membuat blog yang sederhana dan efektif.
6. Kata orang, tidak mendukung CMS (Content Management System). Menurut saya, itu tergantung selera kita. Saya sendiri memakai template Joomla (joomla yang asli mendukung CMS) sehingga tampilannya seperti ini
Terakhir, terima kasih untuk blogger. :D
--------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Get mail on your mobile or the web
http://mail.ovi.com
Kelebihan &Kekurangan Blogger (Blogspot) Kelebihan &Kekurangan Blogger (Blogspot) Reviewed by Kosim Abina Aziyz on December 29, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.