Nokia Life Tools: Atasi Kesenjangan Informasi


Bagi kita, dunia internet sudah biasa dimanfaatkan untuk mencari informasi atau sebagai media komunikasi. Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang belum punya akses namun membutuhkan informasi yang cepat, tepat, dan terjangkau? 


Untuk mengatasi kesenjangan akses informasi ini, terutama bagi kaum pedesaan. Nokia sebagai vendor terbesar di dunia dengan 1,1 milyar pengguna mengeluarkan solusi: Nokia Life Tools (NLT). NLT telah diterapkan di India dan Indonesia direncanakan akhir tahun 2009 ini. Lalu, apa dan bagaimana NLT itu?

1. DEFINISI

NLT merupakan layanan berbasis SMS mengenai informasi agrikultur, edukasi dan hiburan. Masyarakat bisa mendapatkan info mengenai harga jual produk pertanian, prakiraan cuaca atau ingin menambah kosa kata bahasa Inggris. Layanan SMS dipakai sebab lebih stabil dibanding GPRS.

2. FUNGSI UTAMA NLT

A. Agrikultur: untuk memberikan informasi yang relevan bagi petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, seperti harga jual produk pertanian, prakiraan cuaca, dan tips bercocok tanam. Untuk layanan ini NLT mengandalkan Kode Pos dalam menentukan lokasi sehingga pengguna akan mendapatkan info yang akurat dan sesuai kebutuhan. Petani di Dieng, Jawa Tengah akan berbeda kebutuhan informasinya dengan petani di Brastagi, Sumatera Utara.
B. Edukasi-Hiburan: NLT bisa dipakai untuk berbagai subjek. Misal, bahasa Inggris. Pengguna akan mendapatkan kosa kata baru beserta arti, cara pemakaian dan contoh.

3. PENYEDIA KONTEN

NLT bekerja sama dengan pihak ketiga: Badan Meteorologi dan Geofisika, Departemen Pertanian, detik.com, ELTI, Grasindo. Didukung oleh 4 operator: Telkomsel, Indosat, XL dan Three.

4. CARA BERLANGGANAN

Pengguna akan dibebani biaya Rp 1.000,- per hari atau Rp 30.000,- per bulan untuk berapa pun jumlah SMS yang diterima. Jumlah SMS itu sendiri ditentukan oleh ketersediaan update data yang dihimpun oleh penyedia konten.

5. PONSEL YANG KOMPATIBEL

Riset Nokia melibatkan para antropolog yang mengamati perilaku dan mendengarkan masukan dari berbagai kalangan di pedesaan dan daerah terpencil. Hasil riset, ponsel yang cocok adalah mempunyai fitur senter, phonebook sharing, dan baterei tahan lama. Untuk layanan NLT, Nokia mengeluarkan 5 tipe ponsel, yaitu Nokia 1280, 1616, 1800 (ketiga ponsel ini punya fitur FM Radio, prepaid tracker, senter, casing anti gores dan keymat anti debu, daya tahan baterei hingga 22 hari, harga mulai Rp 300 ribu) , Nokia 2200 Slide, 2690 (keduanya berfitur FM Radio, Ovi Mail, GPRS, MMS, Bluetooth, phonebook 1.000 kontak, daya tahan baterei 20 hari dan 14 hari).
Catatan: postingan ini bukan iklan, sekedar bentuk apresiasi terhadap Nokia akan kepedulian mengatasi kesenjangan informasi pada masyarakat pedesaan secara cepat, tepat sasaran dan terjangkau, tanpa menafikkan sisi bisnis.
Nokia Life Tools: Atasi Kesenjangan Informasi Nokia Life Tools: Atasi Kesenjangan Informasi Reviewed by Kosim Abina Aziyz on November 05, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.