Mengapa Kita Mengidam?

Ada kalanya, kita begitu menginginkan makanan tertentu. Mungkin ayam goreng, coto Makassar, mie ayam, dan seterusnya. Hal yang sering kita sebut dengan mengidam. Mengidam memiliki komponen fisik dan bisa menunjukkan tentang diri kita. Hal ini diungkap oleh Alan R. Hirsch, MD, Kepala Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago. Ia meneliti tentang mengidam, pilihan makanan dan kepribadian seseorang pada 18.000 orang selama 25 tahun. Dan ini hasil penelitiannya (diringkas)

1. Makanan gurih.
Orang yang menyenangi keripik, kerupuk atau kentang goreng menandakan bahwa di dalam tubuhnya kekurangan mineral (kalsium). Sodium dalam makanan yang gurih bisa meningkatkan kadar kalsium dalam darah untuk sementara. Sebaiknya, daripada mengonsumi makanan yang gurih lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan ikan teri.
Ditinjau dari sisi psikologis, orang yang gemar makanan gurih mereka hidupnya mengalir dan percaya pada kekuatan dari luar dalam menentukan nasia mereka. Wallahu a'lam.

2. Cokelat
Cokelat termasuk antidepresan dalam bentuk camilan. Orang yang menyukainya, secara naluri dalam tubuhnya memerlukan hormon serotonin yang berantakan dan perlu dirapikan kembali. Hormon serotonin ini berkaitan dengan rasa bahagia.
Orang yang menyukai cokelat, biasanya menjadi pusat perhatian dalam kelompok, suka bersosialisasi dan bekerja dalam teamwork. Sedang orang yang suka cokelat putih berciri tenang dan introspektif.

3. Makanan pedas atau berbumbu tajam
Orang yang menyukai makanan pedas atau berbumbu tajam ditengarai orang yang mengalami kesulitan menenangkan diri. Makanan ini bisa meningkatkan aliran darah dan detak jantung. Secara psikologis, orang penyuka pedas tidak suka membuang waktu dan menginginkan hal yang rinci

4. Mengulum permen
Orang yang suka mengulum permen hampir sama dengan penyuka cokelat. Mereka memerlukannya untuk mendongkrak mood dan merasa kekurangan tenaga.
Mereka mempunyai ciri sebagai orang yang hedonis, senang menonjol dan diistimewakan.

5. Manis dan asin
Hal ini menunjukkan kekurangan glukosa dan sodium, lelah. Orang yang menyukai makanan manis dan asin cenderung kreatif, penyendiri dan terkesan angkuh. Wallahu a'lam.

Sumber: kompas
--------------------------------------------------------------
Ovi Store: Get free stuff for your mobile phone
http://store.ovi.com/?cid=ovistore-fw-bac-na-acq-na-ovimail-g0-na-1
Mengapa Kita Mengidam? Mengapa Kita Mengidam? Reviewed by Kosim Abina Aziyz on November 24, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.