Antivirus Indonesia: Smadav 2009 rev. 7

Betul kata orang "banyak baca, banyak tahu". Gara-gara suka baca, banyak hal baru yang saya ketahui. Apalagi jika media yang dipakai internet. Pokoknya banyak deh! Kalau ingin tahu tentang sesuatu tinggal cari di google.com atau id.wikipedia.org , info terbaru bisa dibuka di portal berita.
Nah, tanggal 7 September lalu, saya membuka m.detik.com (saya sering pakai Opmin), di rubrik Inet ada berita tentang dirilisnya antivirus RI: Smadav 2009 rev. 7. Dari reviewnya, saya tertarik kemudian saya ke warnet untuk mendownloadnya dengan mengetik alamat smadav.net . Setelah itu saya simpan di flashdisk dan pindah ke PC. Dan ternyata, punya kinerja hebat. Virus di PC yang terdeteksi sekitar 150, termasuk virus impor seperti conficker. Padahal di dalam PC ada juga antivirus seperti Norton, Spy Terminator, Clamshell. Saya kira aman-aman saja. Tapi sama Smadav bisa dideteksi sebanyak itu dan berhasil ditangani. Pokoknya, luar biasa! Tidak kalah sama antivirus luar negeri. Bikin bangga sebagai orang Indonesia.
Smadav yang saya pakai adalah yang free. Ada juga yang pro dengan syarat menjadi donatur untuk biaya operasional dan pengembangan sebab mereka tidak mengambil untung. Tapi kemampuannya sama saja. Bedanya, yang pro 10 kali lebih cepat, bisa ganti skin, update secara online. Yang hebat dari antivirus ini adalah fitur smart yang bisa langsung memindai saat flashdisk dimasukkan ke PC. Ada juga fitur smad-lock yang bisa mengunci flashdisk dari program autorun sehingga virus tidak bisa menginfeksi flashdisk.
Oya, smadav dibuat oleh Sdr. Zainuddin Nafarin dibantu kawan-kawan. Dan ini situs beliau nafarin.com , ada juga di FB dengan akun www.facebook.com/smadav untuk mengetahui perkembangan terakhir dan ini forum yang bisa kita ikuti www.smadav.net/forum
Antivirus Indonesia: Smadav 2009 rev. 7 Antivirus Indonesia: Smadav 2009 rev. 7 Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 09, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.