Mengenal "Pap Smear"

Pap smear adalah prosedur untuk memeriksa selaput lendir pada mulut rahim (serviks) atau vag***. Lendir ini diambil memakai spatula kayu lalu ditaruh pada kaca objek untuk dikeringkan (fiksasi) dengan sitoprep atau hair spray. Setelah kering, dikirim ke laboratorium patologi. Setelah diberi warna, lendir tadi diperiksa di bawah mikroskop untuk mengetahui keberadaan dysplasia (sel abnormal), infeksi atau peradangan. Hasil yang abnormal bukan berarti terdapat kanker.

Jika pada mulut rahim kelihatan normal namun hasil pemeriksaan menunjukkan ada sel abnormal, maka diadakan pemeriksaan langsung di mulut rahim dengan kolposkopi, yaitu pemberian semacam cairan pada mulut rahim, kemudian diperiksa dengan alat (seperti mikroskop) untuk memperbesar objek. Bila terdapat sel abnormal maka kemudian dilakukan tindakan biopsi, yaitu pengambilan jaringan pada tempat yang dicurigai.

Idealnya, pap smear dilakukan 1 tahun sekali, terutama bagi yang pernah atau aktif berhubungan. Hingga masa menopause. Yang kedua, dilakukan saat wanita tidak haid. Waktu yang tepat adalah 10-20 hari setelah hari pertama haid. Dan terakhir, 2 hari sebelum pap smear, menghindari pemakaian pencuci va**** dan obat-obatan yang dimasukkan kedalam va****. Pemeriksaan Pap smear, tidak menimbulkan sakit.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Being used by users in 178 countries
http://mail.ovi.com
Mengenal "Pap Smear" Mengenal "Pap Smear" Reviewed by Kosim Abina Aziyz on July 25, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.