SUNGAI MAHAKAM: PEMBAGIAN WILAYAH (1)

Sungai Mahakam –konon- berjarak sepanjang 970 km. Bagi saya lebih cenderung menggunakan tanda +/- di depannya sebab titik 0 (nol)nya belum jelas -atau saya yang gak tahu, apakah dari Muara Pantuan, Muara Berau, Muara Jawa, Sungai Maryam, Kutai Lama atau Tanjung Berukang, yang kesemuanya berada di Delta Mahakam. Dan memanjang hingga hulu di kecamatan Long Apari, yang sering diplesetkan oleh mahasiswa Unmul dengan sebutan LA.
Secara umum, sungai Mahakam terbagi menjadi 3 (tiga) zona.
  1. Zona Loa, berada di antara Samarinda hingga kecamatan Kota Bangun, Kab. Kutai Kartanegara. Ditandai dengan nama kampung yang memakai nama Loa di bantarannya: Loa Janan, Loa Bakung, Loa Tebu, Loa Duri, dsj.
  2. Zona Muara, berada antara kecamatan Kota Bangun (Kukar) hingga kecamatan Melak (Kutai Barat). Ditandai dengan nama kampung yang memakai nama muara: Muara Wis, Muara Muntai, Muara Pahu, Muara Jawaq, Muara Kalaq, dsj.
  3. Zona Long, berada antara kecamatan Melak sampai ujung. Ditandai dengan nama kampung yang memakai nama long: Long Iram (kampung kelahiran Siswono Yudhohusodho), Long Hubung, Long Bagun, Long Pahangai, Long Apari, dsj.
Baik loa, muara, maupun long, menurut literatur berdefinisi muara.
SUNGAI MAHAKAM: PEMBAGIAN WILAYAH (1) SUNGAI MAHAKAM: PEMBAGIAN WILAYAH (1) Reviewed by Kosim Abina Aziyz on February 23, 2009 Rating: 5
Powered by Blogger.