Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Makan a la Barat: Cara Menata Meja

Tak sengaja, saya melihat Teh Ninih, penjual getuk asal Indramayu, tampil di TV. Awalnya sih tidak tertarik, gegara acara itu host-nya Raffi Ahmad. Tidak tahu kenapa, setiap ada dia atau Syahrini atau Olga di TV, saya maunya ganti channel saja! Skip, skip, skip... Dalam acara itu, dia diajari cara makan ala Barat. Itu, yang makan pakai pisau, sendok, garpu dan serbet. Ini yang membuat saya tertarik! Soalnya saya tidak pernah makan cara beginian

Biasanya saya makan pakai gaya duduk Sunnah Nabi: duduk di lantai, kaki kiri diduduki dan kaki kanan dilipat, seperti ini
Makan duduk sunnah

namun paling sering makan duduk bersila.

Saya juga suka pakai gaya warung kaki lima pinggir jalan atau gaya warteg. Kaki kanan naik ke tempat duduk. Duh, enaknya, alhamdulillah! :)
Makan gaya warteg (Warung Tegal)

Dan inilah cara menata meja makan a la Barat



Meskipun demikian, saya tetap akan pakai gaya duduk cara sunnah atau gaya warteg kalau di warung. Karena saya bukan orang Barat!

Bahan dan gambar: Mbah Google

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!