6 Juni: Hari Lingkungan Hidup

Salah satu sumber emisi karbon

Secara umum, masalah yang dihadapi manusia kaitannya dengan lingkungan adalah pengelolaan sampah, emisi karbon, deforestasi hutan, alih fungsi lahan, dsj.
Masalah tersebut secara akumulatif menimbulkan apa yg disebut dengan global warming. Efek berikutnya adalah kutub mencair, iklim tak menentu, berkurangnya sumber air, permukaan air laut naik, dan berbagai derivasinya. Meskipun dalam "cara pandang" lain, fenomena alam di atas adalah "cara alam" menyeimbangkan dirinya.

Menghentikannya, mustahil nampaknya. Sebab negara2 berkembang sedang membangun industrinya. Kita ketahui bahwa negara maju identik dengan negara industri. Namun demikian, upaya untuk mengurangi dampak lingkungan secara mikro tetap harus dilakukan, di antaranya:
1. Penanaman pohon secara massif
2. Penyortiran sampah organik/anorganik
3. Penghematan sumber daya (air, listrik, kendaraan bermotor, kertas, dll)
4. Mengembangkan energi alternatif: matahari, air potensial, angin, panas bumi, bio-energi. Kekurangan dari energi ini biasanya adalah relatif mahal dibanding hidrokarbon.
5. Membudayakan hidup sederhana.
-----------------------------------------------------------------
Ovi Mail: Create an account directly from your phone
http://mail.ovi.com
6 Juni: Hari Lingkungan Hidup 6 Juni: Hari Lingkungan Hidup Reviewed by Kosim Abina Aziyz on June 06, 2009 Rating: 5

No comments:

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz

Powered by Blogger.