Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Alhamdulillah, Punya Ranah Baru di www.kosim.web.id

Awal minggu ini saya mengurus domain (Indonesia: ranah) punya Pesantren Hidayatullah Sumsel, dari domain gratis blogspot menjadi www.hidayatullahsumsel.com, menggunakan layanan dari dapurhosting.com. Alhamdulillah, pelayanan dari dapurhosting termasuk cepat dan memuaskan :). Adapun biaya untuk pemesanan domain .com adalah sebesar Rp 105.000,- per tahun.

Berawal dari itulah, saya mendapatkan informasi pemesanan domain yang relatif murah: Rp 55.000,- (lima puluh lima ribu rupiah) per tahun. Domain tersebut adalah my.id dan web.id untuk pengguna personal, biz.id untuk pelaku UKM, ac.id dan sch.id untuk lembaga pendidikan, or.id untuk organisasi kemasyarakatan, dan  desa.id dan go.id untuk pemerintahan. Yah, iseng-iseng saya memesan domain dengan nama kosim.web.id. Untuk Webhosting-nya saya masih pakai blogger.

Baca juga: Sebuah Pengalaman: Mendaftar Domain Sekolah (.sch.id)

Berhubung saya merupakan pengguna personal, saya memilih domain web.id. Syarat yang dibutuhkan, scanning KTP/SIM/Paspor dalam bentuk gambar, yang nantinya akan divalidasi oleh lembaga pengelola nama domain internet Indonesia yakni PANDI. Mengapa? Sebab domain web.id termasuk top level domain di Indonesia. Syarat lain dari domain web.id adalah domain ini tidak boleh digunakan untuk situs pornografi, perjudian, perdagangan anak, SARA, dan pencemaran nama baik. Itu yang saya ingat saat mendaftar pemesanan domain dan mencentang persetujuan term of services.

Setelah mempunyai domain web.id, tentunya saya punya rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dengan memiliki domain .id (meskipun blog ini acak-adut gak karuan).

Sumber gambar: tekno.kompas.com

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

2 komentar

  1. ikut nyimak beritanya
    cara mengobati kelenjar thyroid
  2. Good idea
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!