Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Mengetik Tulisan Arab pada Microsoft Word 2007 (1)

UPDATE! Silakan baca postingan tentang cara mengetik huruf Arab termudah Transliterasi Seketika Latin-Arab: Mengetik Huruf “Ahmad” yang Muncul Huruf أحمد
مَاسْمُكَ؟ اِسْمِيْ قَاسِم اَلْجَاوِي
Sudah menjadi “default” di negara Indonesia bahkan dunia, setiap kali membeli netbook dan sejenisnya, papan ketik yang disediakan adalah jenis QWERTY. Ada kalanya kita ingin menulis tulisan Arab (pada Microsoft Word 2007) namun karena papan ketiknya berjenis QWERTY akhirnya mencari berbagai cara:
Ada yang menyisipkan simbol dengan karakter Arab. Cara ini memakan waktu lama. Ada yang memakai cara copy-paste dan ada pula yang membeli software baik berbayar seperti Nanosoft maupun yang gratis seperti Arabic Pad. Adapun bila ingin menyisipkan ayat-ayat Quran sudah tersedia plug-in untuk keperluan ini (pada Microsoft Word 2007). Silakan klik plug-in Quran in MS Word untuk mendapatkannya (freeware lho!)
Kembali ke masalah awal, Mengetik Tulisan Arab pada Microsot Word 2007. Jika netbook kita memakai OS Windows 7, papan ketik kita, bisa kita ubah menjadi huruf Arab. Caranya sebagai berikut:
1. Pada bilah tugas sudut kanan bawah klik ikon IN atau EN lalu klik “Show the Language bar”
arab1
2. Setelah diklik, akan muncul “language bar” pada desktop, klik lagi anak panah kecil dan setelah muncul kotak, pilih “setelan” atau “settings”
arab2
3. Kotak dialog “Layanan Teks dan Bahasa Masukan” akan muncul dan pilihlah tab “Umum” dan klik tombol “tambah”
arab3
4. Akan muncul kotak “Pilih Bahasa Masukan” dan pilih +Arabic (Saudi Arabia) serta centang Bahasa Arab (101), bahasa Arab (102) dan Bahasa Arab (102) AZERTY, klik OK
arab4
5. Lalu akan muncul kotak dialog lagi seperti di bawah ini, pilih Arabic (Saudi Arabia) dan klik “terapkan” dan “OK”
arab5
6. Cek lagi pada bilah tugas sebelah kanan bawah klik pada ikon IN atau EN dan klik AR Arabic
Arab6
7. Nanti akan muncul ikon seperti di bawah ini, itu artinya MS Word 2007 siap kita pakai mengetik tulisan Arab
arab7
8. Buka Microsoft Word 2007 dan cobalah ketikkan huruf Q-W-E-R-T-Y-U-I-O-P-A-S-D-F-G-H-J-K-L-Z maka akan tercetak huruf Arab ini (- = spasi)
image
9. Jika belum bisa mengetik Arab, ulangi  perintah nomor 6 hingga muncul ikon AR seperti pada nomor 7. Selamat bereksperimen, jangan lupa untuk mencoba menekan shift + karakter.

(bersambung ke Mengetik Tulisan Arab pada Microsoft Word 2007 (2))

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

2 komentar

  1. info yang bagus, nanti saya coba...
    tapi mohon infonya apakah kata yang kita ketikkan akan langsung di translate kedalam huruf arab?
    misalnya saya mengetik kata "kamu" apakah nanti yang keluar huruf arab yang berarti kamu jg?
    1. Tidak. Silakan Antum membaca sambungan dari postingan ini di http://blogeqosim.blogspot.com/2012/06/mengetik-tulisan-arab-pada-microsoft.html :)
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!