Mencoba Transportasi Publik: Naik Trans Musi ke Bandara SMB II ✈️

Hari ini, acara saya menjemput anak-anak di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Tahun ini, kami tidak berlebaran bersama-sama, anak-anak dan Umminya berlebaran bersama keluarga besar di Balikpapan, Kaltim dan saya tetap di Palembang 😭. Kok jadi curhat sih, skip.... skip.... skip...

Sudah beberapa kali saya naik busway, seperti Trans Jakarta dan Trans Jogja, namun naik Trans Musi malah belum pernah padahal saya tinggal di Palembang. Nah, inilah kesempatan saya untuk mencobanya...





👆 Trans Musi yang saya naiki. Ukurannya termasuk kecil, jumlah kursi yang tersedia 22 buah termasuk untuk sopir. Dan ada 24 buah pegangan (untuk begelantungan) bagi yang tidak dapat tempat duduk.
Melayani trayek Terminal Plaju ke Palembang Square.



Tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah)



Karena saya naik Trans Musi dari Plaju, maka saya harus transit dulu di Palembang Square Mall jika ingin ke Bandara. Dan inilah rute yang dilewati Trans Musi dari Plaju ke PSx Mall: Jl. DI Panjaitan, A. Yani, Ampera, Halte Monpera (yang mau ke Pasar 16 Ilir, Masjid Agung, atau Benteng Kuto Besak), Pegadaian, Kantor Walikota, Jl. Merdeka, RS Paru, Jl. dr. Wahidin, SMP IT Harapan Mulia, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. A. Rivai, dan sampai di PSx Mall. Tapi kalau mau Bandara, kita akan diturunkan di Halte Hotel Aryaduta. Mutar sedikit. Oh, ya! Durasi 30 menit.

————————

Kata petugas, jumlah armada yang disiapkan melayani penumpang ke Bandara ada 5 (lima) bus. Jadi harus menunggu agak lama, bisa setengah jam-an. Jadi disarankan ikut lagi Trans Musi turun di Halte Masjid Agung. Saya putuskan ikut saja, karena tidak dipungut biaya lagi. Kira-kira setelah 15 menit sampai di Halte Masjid Agung.



Nah, setelah itu naik lagi Trans Musi dengan tujuan utamanya KM 12 Alang-Alang Lebar. Trans Musi jurusan AAL ini busnya besar dengan jumlah tempat duduk ada 28 kursi (termasuk tempat duduk prioritas). Masih gak bayar hehehehe...



Setelah 20 menitan, akhirnya, sampai juga di Terminal Alang-alang Lebar...
Lalu saya bertanya kepada petugas di mana kalau mau naik Trans Musi jurusan Bandara? Saya disuruh menuju ke Halte Terminal AAL, ini penampakan haltenya



Menurut informasi petugas di Terminal AAL, hanya ada 2 (dua) armada Trans Musi (bukan 5) yang melayani trayek Bandara dengan kode armada: H59 dan H50, ada tulisannya kok di depan.
Trans Musi ini hanya melayani trayek Terminal Alang-Alang Lebar ke Bandara dan sebaliknya. Layanan dimulai mulai pukul 07.30 hingga 17.30.




———————

Kesimpulan:
jika kita bepergian di dalam kota, layanan Trans Musi bisa diandalkan. Armadanya bagus, aman, nyaman, tidak menunggu lama jika transit, dengan tarif yang terjangkau.

Jika akan ke Bandara, langsung saja mencari Trans Musi jurusan Alang-Alang Lebar (KM 12). Seandainya kita akan terbang (bukan menjemput) sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan Trans Musi dengan pertimbangan jumlah armada yang terbatas yang berimbas pada waktu.

Alternatif, saat naik Trans Musi jurusan Alang-Alang Lebar (KM 12), turunlah di halte sekitar simpang empat mau ke bandara, lalu naik ojek dengan tarif antara 15-25 ribu (nego).

Hal ini berlaku jika kita menggunakan jasa Trans Musi bukan kendaraan pribadi.
Mencoba Transportasi Publik: Naik Trans Musi ke Bandara SMB II ✈️ Mencoba Transportasi Publik: Naik Trans Musi ke Bandara SMB II ✈️ Reviewed by Kosim Abina Aziyz on July 16, 2016 Rating: 5
Powered by Blogger.