Kata Kerja (Verba) yang Berasal dari Nama Orang dan Tempat


Ujaran kebencian (hate speech), dalam beberapa hari ini, menjadi isu yang hangat pada pemberitaan di media. Ujaran kebencian yang dikeluarkan oleh Kapolri Bapak Jenderal Badrodin Haiti, 8 Oktober 2015, meliputi 7 (tujuh) hal: 
  • penghinaan, 
  • pencemaran nama baik, 
  • penistaan, 
  • perbuatan tidak menyenangkan, 
  • provokasi, 
  • penghasutan, dan 
  • penyebaran berita bohong yang bertujuan menyulut kebencian di kalangan individu atau kelompok masyarakat.

Konon, hal ini dilatarbelakangi oleh fitnah yang menimpa Presiden Jokowi. Iseng-iseng saya googling dengan kata kunci "fitnah jokowi", baru mengetik "fitnah j..", eh keluar saran pencarian dengan hasil seperti ini


Dari saran pencarian itulah saya jadi punya ide membuat postingan berjudul "Kata Kerja (Verba) yang Berasal dari Nama Orang dan Tempat".

                                                                        *********

Sebelumnya perlu kita segarkan dulu ingatan kita tentang pengertian kata benda. Kata Benda (nomina), menurut Wikipedia, adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.  Dengan demikian nama orang dan tempat termasuk kedalam kata benda (nomina).

Apa saja kata benda cq. nama orang dan tempat yang menjadi kata kerja?

1. De Kock

De Kock dijadikan kata kerja "Ndekok" yang artinya tidur. Contoh: "Bocah iki gaweane ndekok wae". Kata kerja "Ndekok" merupakan bahasa slang yang hidup di Jawa Pesisiran (Batang, Jawa Tengah).

Nama ini -mungkin- berasal  dari nama seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Hendrik Merkus baron de Kock (lahir di Heusden, 25 Mei 1779 – meninggal di Den Haag, 12 April 1845 pada umur 65 tahun). De Kock adalah aktor utama yang menghapus Kesultanan Palembang (1821) dan namanya diabadikan menjadi nama Benteng di Bukit Tinggi, Fort De Kock.

2. Mitro

Mitro dijadikan kata kerja yang artinya tidak menepati janji, bohong, banyak omong. Contoh: “Oalah … Kang Mitro iki nggedebus omonge …. “ 

Kata ini juga merupakan bahasa slang Jawa, yang berasal dari iklan obat flu Mix*grip pada masa sandiwara radio Brama Kumbara masih berjaya.

3. Jonru

Jonru dijadikan kata kerja yang artinya membuat berita fitnah dan tuduhan bohong tanpa disertai bukti bukti kongkrit dengan tujuan menjelek jelekkan orang lain yang sedang tidak disukai , kemudian menyebarkan berita bohong tersebut kepada banyak orang agar terkecoh dan terpengaruh oleh fitnah yang sedang dibuat. Contoh: "Dilarang menjonru sesama teman"

Kosa kata ini dipopulerkan oleh akun @Sahal (Ahmad Sahal) AS dan @RifanPerco (Rifan Heriyadi). Keduanya sudah dilaporkan  oleh Jon Riah Ukur nama panjang Jonru kepada Ditreskrimsus Kepolisian Daerah Metro Jaya 1 Desember, seorang pengguna lain didasari anggapan bahwa kicauan keduanya telah menyinggung atau mencemarkan nama baik yang bersangkutan.

                                                                       *********

Selain nama orang, nama negara juga dipakai oleh orang Jepang menjadi kata kerja. Dalam ejaan Jepang, nama negara ditambahi akhiran -ru sehingga menjadi kata kerja. Berikut daftarnya yang saya kutip dari situs keepo[dot]me

1. Roshiaru

Roshiaru artinya "untuk meng-Rusia, untuk membunuh lawan politik atau untuk membuang sesuatu ke dalam kegelapan". Contoh: "kalau sudah ketemu orang yang pipis sembarangan, aku akan nge-Rusia dia"

2. Portugaru

Portugaru artinya "untuk meng-Portugal, untuk meraih kekuasaan, hanya untuk direbut oleh negara lain." Contoh: ""Saya uda main game itu terus-terusan pas akhir minggu buat mendapatkan high score, tapi akhirnya malah di-Portugal sama Fikri 5 menit kemudian."

3. Amerikaru

Amerikaru artinya "untuk meng-Amerika, untuk mengklaim milik orang lain menjadi milikmu". Contoh: "Hey, jangan coba-coba nge-Amerika pizza terakhir gua!"

4. Rusukenberukuru

Rusukenberukuru artinya "untuk meng-Luxemburg, untuk mengecilkan". Contoh: "Wow, dinginnya bisa bikin Luxemburg seorang cowok jantan sekalipun."

5. Itariaru

Itariaru artinya "untuk meng-Itali, bersiul mesum ke wanita".

6. Shingaporu

Shingaporu artinya "untuk meng-Singapura, menilang seseorang".

7. Kitachosenru

Kitachosenru artinya "untuk meng-Korea utara, bertingkah seolah-olah seperti remaja puber memegang pisau dan berteriak, 'ganggu akau atau kalian akan tidak akan tahu apa yang akan aku lakukan."

8. Kyubaru

Kyubaru artinya "untuk meng-Kuba, membuat Amerika marah."

Kata Kerja (Verba) yang Berasal dari Nama Orang dan Tempat Kata Kerja (Verba) yang Berasal dari Nama Orang dan Tempat Reviewed by Kosim Abina Aziyz on November 03, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.