Cara Mudah Agar Blog Kita Tidak Di-Copy Paste

Saya sudah mencoba kode Kode HTML/ Javascript Menonaktifkan Copy Paste di blog ini dan berhasil: menonaktifkan pemilihan teks, menonaktifkan drag / drop / simpan, dan menonaktifkan CTRL + A , C , X. Tidak ada efek samping mengenai blog saya, tidak memerlukan konfigurasi , kustomisasi, atau coding,  cukup salin dan tempel kode html tersebut, dan langsung bekerja.

Awal-awal saya ngeblog, saya pernah meng-copy paste tulisan (kalau nggak salah dari Wikipedia) untuk mengisi blog ini. Saya masih belajar bagaimana cara membuat postingan, memasukkan gambar, mengganti template, dan sejenisnya; jadi cari jalan termudah. Apalagi dalam ngeblog saya belajar sendiri, autodidak begitu. Kemudian saat berhasil membuat postingan, berkata " Oh, begini caranya!"

Niat awal melakukan copy paste ya begitu. Belajar ngeblog! Setelah agak lama, ada yang mengkritik "jangan copy paste, kalau pun terpaksa sertakan sumbernya, dari mana begitu"


*********

Dalam membuat sebuah tulisan, kesamaan ide dengan orang lain merupakan keniscayaan. Dan itu tidak salah. Yang salah adalah jika tulisan kita sama persis titik komanya, kata-katanya, paragrafnya, dan tanda baca lainnya dikarenakan kita meng-copy paste. Jika budaya copy paste atau lebih dikenal dengan plagiarisme dianggap biasa, hal ini pertanda tidak baik sangat berbahaya. Apalagi bagi person yang berkecimpung di dunia pendidikan.

Menurut Wikipedia: penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Singkat kata, plagiat adalah pencurian karangan milik orang lain. Dapat juga diartikan sebagai pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain yang kemudian dijadikan seolah-olah miliknya sendiri. Setiap karangan yang asli dianggap sebagai hak milik si pengarang dan tidak boleh dicetak ulang tanpa izin yang mempunyai hak atau penerbit karangan tersebut. Sesudah 2 × 24 jam berita surat kabar tersiar, maka seseorang dapat mengambil alih dengan syarat menyebutkan sumbernya.

Nah, jika Anda berkeinginan agar blog Anda tidak bisa dijiplak oleh orang lain ikuti langkah-langkah berikut

1. Buka Blogger.com>> Dashboard>> tata Letak

2. Setelah laman Tata Letak terbuka, pilih "Tambahkan Gadget"

3. Kotak dialog akan muncul dan pilih "HTML/Javascript"

4. Salin kode HTML/Javascript di bawah ini
Mungkin Anda tidak bisa menyalin kode HTML/Javascript Menonaktifkan Copy Paste di atas karena berformat .jpg, sehingga silakan download kodenya
dan tempelkan ke dalam kolom berikut, dan "Simpan"
Cara Mudah Agar Blog Kita Tidak Di-Copy Paste Cara Mudah Agar Blog Kita Tidak Di-Copy Paste Reviewed by Kosim Abina Aziyz on November 11, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.