Belum Punya Keturunan? Ini Kata Alquran

Sudah belasan kali barangkali, orang-orang meminta doa ke saya agar segera diberi keturunan. Ya, saya aminkan saja permintaan beliau-beliau, agar tidak mengecewakan meskipun saya merasa kalau saya ini belum tidak punya kapasitas untuk itu. Rasanya masih banyak dosa :).

Father and Son (theguardian.com)
Secara medis, banyak faktor yang menyebabkan sebuah pasangan belum/susah mempunyai keturunan. Berikut beberapa hal yang menyebabkan sebuah pasangan belum/susah mempunyai keturunan yang saya rangkum dari beberapa sumber

1. Beda Rhesus

Banyak pasangan yang akan menikah tidak melakukan pemeriksaan kesehatan pra nikah. Padahal hal ini sangat berguna untuk kasus-kasus penyakit genetik seperti ketidaksamaan rhesus dengan pasangan.


Sel darah kita yang menilai ada tidaknya antigen (karbohidrat dan protein) yang membedakan rhesus positif (Rh+) dan rhesus negatif (Rh-). Disebut rhesus positif jika ada antigen dalam darah, dan bila tak ada disebut rhesus negatif. Kebanyakan rhesus positif dimiliki oleh ras Asia termasuk orang Indonesia. Di seluruh dunia ini, hanya sedikit orang yang memiliki rhesus negatif, sehingga bila memerlukan donor darah agak sulit. Rhesus negatif umumnya dijumpai pada orang-orang yang mempunyai garis keturunan Kaukasian (berkulit putih).


Bila anda memiliki Rh negatif dan pasangan Anda memiliki Rh positif akan terjadi permaslahan yang mengakibatkan rhesus anak kemungkinan akan berbeda dengan sang ibu. Hal ini dilihat dari Rhesus positif dominan terhadap rhesus negatif, dan anak hasil dari pasangan yang beda rhesus memiliki kemungkinan 50-100% berhesus positif, dan 0-50% berhesus negatif.


Perbedaan rhesus antara sang ibu dengan bayi yang dikandungnya akan menimbulkan masalah, karena tubuh sang ibu akan memproduksi antirhesus yang akan menyerang calon bayi. Rhesus darah janin akan masuk melalui plasenta menuju ke peredaran darah sang ibu. Melalui plasenta ini juga antirhesus yang diproduksi sang ibu akan melakukan serangan balik ke dalam peredaran darah calon bayi, di mana sel-sel darah merah calon bayi akan dihancurkan.


Bayi yang terlahir kuning disebabkan oleh antirhesus pada kehamilan pertama. Hal ini terjadi karena proses pemecahan sel darah merah menghasilkan bilirubin yang menyebabkan warna kuning pada bayi. Tetapi pada kehamilan kedua, jika calon bayi tetap memiliki rhesus positif akan menyebabkan masalah yang fatal.


Perbedaan rhesus antara ibu dan janin tak terlalu berbahaya pada kehamilan pertama. Sebab, kemungkinan terbentuknya zat antirhesus atau antibodi pada kelahiran pertama sangat kecil. Kalaupun sampai terbentuk, jumlahnya tidak banyak, sehingga bayi pertama dapat lahir sehat. Pembentukan zat antirhesus baru benar-benar dimulai pada saat proses persalinan (atau keguguran) kehamilan pertama. Saat plasenta lepas, pembuluh-pembuluh darah yang menghubungkan dinding rahim dengan plasenta juga putus. Akibatnya, sel-sel darah merah bayi dapat masuk ke dalam jumlah yang lebih besar. Selanjutnya, 48-72 jam setelah  persalinan atau keguguran, tubuh ibu dirangsang lagi untk memproduksi zat antibodi/antirhesus lebih banyak lagi. Kelak saat ibu mengandung lagi, zat antibodi/antirhesus di tubuh ibu akan menembus plasenta dan menyerang sel darah merah janin.


Produksi antibodi ini sama seperti produksi antibodi pada umumnya bila ada zat asing masuk dalam tubuh. Sekali ada makhluk asing yang sudah dikenali, maka antibodi akan melindungi ibu agar bila zat asing itu muncul kembali, tubuh ibu dapat menyerang dan menghancurkannya. Proses ini terjadi demi keselamatan ibu sendiri. Namun, kadar antibodi atau antirhesus pada setiap ibu tidak sama. Ada yang rendah, ada yang tinggi. Gawatnya bila antibodi kadarnya tinggi. Dalam kondisi ini, janin harus dipantau dengan alat ultrasonografi. Dokter akan memantau masalah pada pernapasan dan peredaran darah, cairan paru-paru, atau pembesaran hati, yang merupakan gejala-gejala penderitaan bayi akibat rendahnya sel darah merah. Kadang-kadang lalu diputuskan persalinan lebih dini, sejauh usia janin sudah cukup kuat untuk dibesarkan di luar rahim.


Di kehamilan kedua, antirhesus sang ibu semakin tinggi sehingga daya rusaknya terhadap sel darah merah bayi pun semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan janin mengalami keguguran. Kabar baiknya, jika sang ibu telah mengetahui perbedaan rhesus yang terjadi, masalah keguguran bisa dihindari.


Saat ini pengobatan modern telah menemukan perawatan untuk masalah ini. Jadi bagi Anda seorang ibu yang sedang mengandung tidak perlu khawatir akan hal ini.Sebuah suntikan yang dinamakan Rhogam pada sebagian banyak kasus diberikan saat sang ibu masih berada di rumah sakit setelah melahirkan bayi pertamanya. Di beberapa kasus, suntikan ini akan diberikan pada awal trimester pertama usia kehamilan, sebelum bayi lahir. Hal ini hanya dilakukan pada ibu yang pernah mengalami keguguran atau aborsi, karena pada kasus ini sang ibu akan menempatkan bayinya dalam bahaya selama kehamilan berlangsung. (sumber dari sini)

2. TORCH: Toxoplasma gondii, virus Rubella, CMV (Cytomegalo Virus), dan virus Herpes Simplex 2 (HSV II)

TORCH. Kata yang satu ini akhir-akhir ini sering kita dengar, terutama yang kaitannya dengan kehamilan dan ibu hamil. Meskipun belum banyak pelaku kehamilan dan praktisi medis yang mengantisipasi mengenai hal ini, keberadaan virus ini perlu diwaspadai mengingat pada beberapa kasus gagal hamil dan kelainan kandungan yang terjadi, sebagian besar di antaranya disebabkan oleh infeksi kelompok virus ini.# Apakah sebenarnya TORCH?TORCH adalah kelompok infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis virus, yaitu Toxoplasma gondii, virus Rubella, CMV (Cytomegalo Virus), dan virus Herpes Simplex 2 (HSV II).

# Apa dan siapa yang dapat diserang oleh virus ini?
TORCH menyerang semua jaringan organ tubuh termasuk sistem saraf yang mengendalikan fungsi gerak, penglihatan, pendengaran, kadiovaskuler dan metabolisma tubuh. Dapat menginfeksi pada anak-anak hingga usia dewasa.

# Gejala-gejala apa yang ditunjukkan bila seseorang terinfeksi Torch?Gejala klinis yang ada umumnya tidak berupa gejala spesifik yang signifikan sehingga sulit membedakannya dengan penyakit lain, atau bahkan gejala yang timbul sama sekali tidak tampak sehingga keberadaan virus ini sulit terdeteksi. Keluhan yang sering timbul adalah pusing, vertigo, migran, penglihatan kabur, pendengaran terganggu, radang tenggorokan, radang sendi, nyeri lambung, lemah lesu, kesemutan, sulit tidur, epilepsi, dan beberapa keluhan lainnya. Meskipun demikian gejala-gejala tersebut belum tentu membuktikan adanya infeksi TORCH.
Untuk mendeteksi keberadaan virus ini secara akurat, pemeriksaan laboratorium adalah tindakan yang paling dianjurkan.

# Mengapa hal ini perlu diwaspadai oleh ibu hamil atau calon ibu hamil?Meskipun gejala yang dialami ibu hamil cenderung tidak tampak, namun virus ini berdampak serius bagi janin yang ada dalam kandungan. Bila terinfeksi pada ibu hamil, virus ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai kasus kehamilan dan kandungan seperti kelainan kehamilan dan kandungan, terganggunya tumbuh-kembang janin yang menyebabkan cacat fisik dan mental pada janin, dan menyebabkan terjadinya abortus spontan/ keguguran atau kematian janin, pada beberapa kasus bahkan dapat terjadi berulang kali sehingga menjadikan sulit untuk hamil.

# Bagaimana Cara pencegahannya dan Dapatkah Diobati?Tiap virus dalam kelompok Torch ini memiliki cara penularan yang berbeda-beda, karena itu dapat memiliki cara-cara pencegahan yang tidak sama persis. Namun secara umum penularan terbanyak adalah melalui kotoran (urin/feses), sekresi kelenjar (ludah, air susu, cairan kelamin), transfusi darah, transplantasi organ, dan plasenta ibu ke janin. Khusus untuk parasit Toxoplasma juga dapat tertular melalui makanan yang dimasak setengah matang yang terkontaminasi kista toxoplasma.

Cara pencegahan terbaik yang dianjurkan adalah:
  • menghindari kontak melalui cara-cara di atas dengan penderita Torch
  • gunakan sarung tangan tiap kali membersihkan kotoran binatang peliharaan, terutama kucing
  • selalu menjaga kebersihan tangan sebelum makan
  • menghindari makanan yang dimasak setengah matang/half-cooked (ctt: pematangan di suhu minimal 70 C selama 10 menit akan mematikan virus ini)

# Dapatkah Diobati?
Pasien dengan kadar Torch yang rendah dapat diobati dengan antibiotik. Namun pengobatan ini tidak efektif untuk kadar Torch yang kronis atau pasien mengandung dengan usia kandungan di bawah 3 bulan/ tri-semester I.Karena itu untuk mengantisipasi dampak negatif di kemudian hari, disarankan untuk calon ibu hamil melakukan tes Torch ini terlebih dulu. Bila memang ditemukan adanya infeksi, maka dokter akan melakukan treatment dan vaksinasi lanjutan. Setelah dinyatakan bebas Torch, pasien baru diperbolehkan aman untuk mulai hamil. (sumber dari sini)

3. Kista

Terdapat beberapa anggapan yang telah beredar bahwa wanita yang mengalami kista pada ovarium atau indung telur dapat kesulitan untuk memiliki anak. Sebenarnya kista pada ovarium yang sifatnya jinak, dan berukuran kecil tidak begitu berpengaruh terhadap kesuburan. Seorang wanita masih bisa mengalami hamil meskipun terdapat kista pada indung telurnya. Selain itu ovarium setiap wanita terdapat sepasang. Pada saat satu di antaranya terganggu hingga tidak berfungsi maka masih terdapat satu lagi yang memungkinkan kehamilan bisa terjadi. Namun hal itu masih harus selalu terkontrol oleh dokter kandungan supaya kista yang di derita tidak terlalu membahayakan kehamilan.

Pada kista yang mempunyai diameter yang lebih dari 5 cm bisa melintir ketika menjalani kehamilan, serta jika pecah dapat mengakibatkan rasa sakit yang begitu hebat. Kista tersebut dapat membahayakan serta mengganggu pada kesuburan ketika ia tumbuh aktif dan juga ukurannya yang telah membesar. Kista endometrioasi dapat mengganggu kesuburan sebab secara mekanik bisa menyebabkan perlengketan. Terjadinya perlengketan itu sendiri dapat mengakibatkan terlepasnya sel telur yang telah matang yang menjadikannya sulit untuk di tangkap oleh fimbriea atau ujung tuba falopi yang mengakibatkan pembuahan sulit untuk terjadi.

Selain itu terdapat kista endometriosis yang secara imunolois tentang kesuburan juga dapat terhambat sebab munculnya reaksi terhadap kekebalan yang dapat mengganggu fungsi pada sel telur, pada sperma juga pada embrio dengan alami. Jika hal ini terus di biarkan endometriosis bisa semakin berat serta paada umumnya bagi wanita yang sulit untuk hamil. Kista yang berisi cairan yang kental, serta terdapat juga yang berbentuk mirip dengan anggur. Kista ini juga terdapat juga yang isinya udara, cairan maupun bahan yang lainnya. Pada umumnya kista tidak disertai dengan keluhan maupun gejala. Keluhan baru akan muncul ketika ukuran kista telah membesar, ataupun letak kista yang dapat mengganggu organ tubuh lain pada sekitarnya. Jika anda menekan saluran pada kemih, usus dan saraf maupun pembuluh darah yang cukup besar pada daerah rongga panggul. Tumor juga dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti sulit untuk buang air, gangguan pada pencernaan, tidak dapat buang air besar, kesemutan hingga kaki yang sering sekali bengkak.

Gejala yang lainnya ialah rasa sakit di sekitar perut, yang terkadang dapat merasakan perut yang agak membesar. Gejala jika kista pecah ialah terasa sakit yang sangat hebat pada perut secara mendadak, atau terjadinya pendarahan yang hebat ketika anda melakukan hubungan seksual. Kista endometriosis ini juga bisa sangat mengganggu kegiatan seksual sebab akan muncul rasa sakit ketika melakukan hubungan intim. Berdasarkan oleh tingkat keganasan kista, kista ini telah terbagi menjadai 2, yaitu merupakan non-neoplastik serta neoplasti. Kista pada non neoplastik ini bersifat jinak serta biasanya dapat mengempis dengan sendirinya kurang lebih 2 bulan sampai 3 bulan. Sementara itu kista neoplastik ini biasanya di haruskan untuk menjalani operasi caesar. Hal tersebut juga sangat tergantung terhadap ukuran serta sifatnya. Selain kista ovarium, juga bisa tumbuh pada area kewanitaan anda serta diarea vulva atau bagian paling luar pada area kewanitaan. Kista yang telah tumbuh pada area kewanitaan, di antaranya inklusi, endometriosi serta adenosis. Selain itu kista yang telah tumbuh pada area kewanitaan di antaranya terdapat pada kelenjar barholini, kelenjar sebasea maupun inklusi epidermal. (sumber dari sini)

4. Kemandulan

Tidak mempunyai keturunan atau anak setelah nikah tentunya menjadi kesedihan tersendiri bagi setiap pasangan. Tidak mempunyai keturunan tersebut mungkin disebabkan karena salah satu dari pasangan mengalami kemandulan. Mandul boleh terjadi kepada siapa saja, baik wanita maupun lelaki.

Ciri-ciri Mandul pada Lelaki dan Wanita
Faktor ciri-ciri mandul pada wanita hanya satu pertiga daripada jumlah kes kemandulan, sepertiganya lagi merupakan faktor lelaki, dan satu pertiga selebihnya merupakan gabungan antara faktor lelaki dan wanita. Untuk mengetahui kesuburan lelaki bisa dilihat dari aspek sperma yang dikeluarkan.


Dari situ bisa dilihat ciri-ciri mandul apakah sperma yang dikeluarkan baik atau tidak. Sedangkan untuk mengetahui kesuburan seorang wanita, biasanya dilihat dari kitaran haidnya. Gangguan yang paling sering dialami wanita mandul adalah gangguan ovulasi. Bila ovulasi tidak berlaku, maka tidak akan ada sel telur yang boleh disenyawakan.

Ciri-ciri mandul
Salah satu ciri-ciri mandul pada wanita yang mengalami gangguan ovulasi yaitu haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali. Gangguan lain yang boleh menyebabkan kemandulan pada wanita, antara lain:

Ciri-ciri mandul pada wanita
1. Tertutupnya lubang saluran fallopio. Tertutupnya lubang saluran fallopio yang disebabkan kerana jangkitan, endometriosis, dan pembedahan pengangkatan kehamilan ektopik.
2. Ciri-ciri mandul yang kedua adanya gangguan fisik rahim. Gangguan fisik rahim ini, seperti haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali dan kesakitan haid yang diluar kebiasaan. Jika anda selalu merasakan kesakitan haid yang tidak biasa, maka pergilah ke dokter kandungan untuk mendapatkan nasihat bagi masalah tersebut.
3. Penyakit radang pelvis. Penyakit radang pinggul ini merupakan suatu peradangan pada tuba falopi atau saluran yang menghubungkan ovari dengan rahim. Biasanya peradangan menyerang kedua falopi dan jangkitan boleh merebak ke rongga perut dan menyebabkan radang selaput perut.
4. Ciri-ciri mandul yang ke-empat adalah keguguran lebih dari sekali. Keguguran merupakan kegagalan kesinambungan proses kehamilan secara spontan pada usia lebih awal atau sama dengan 20 minggu. Keguguran akan menjadi masalah serius jika terjadi berulang. Gangguan yang terjadi tersebut boleh saja terus meningkat apabila anda mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu gemuk atau kurus, meminum alkohol, kekurangan makanan, stres, mempunyai penyakit menular pada kelamin, dan umur.


Umur bisa menurunkan kemampuan seorang wanita untuk hamil karena kemampuan ovarium melepaskan sel telur menurun seiring peningkatan usia, mutu sel telur menurun, dan terdedah mengalami keguguran. Bagi wanita sehat yang berusia di bawah 30 tahun, tak perlu bimbang akan mandul kecuali anda telah berusaha selama setahun untuk sekadar hamil. Bila hal tersebut berlaku, maka anda perlu berjumpa dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Namun, bagi perempuan yang berusia di atas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter bila tak kunjung hamil.

Ciri-ciri mandul pada lelaki
Mengetahui kesuburan lelaki sama pentingnya dengan mengetahui kesuburan pasangan wanitanya dalam menentukan sebab-sebab kesulitan memiliki anak. Ujian kesuburan lelaki biasanya dilakukan melalui analisis air mani untuk mengetahui jumlah, kualitas, gerakan, dan ciri-ciri lain dari sperma yang dihasilkan lelaki. Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), ciri dan kriteria kesuburan seorang lelaki boleh dilihat dari aspek sperma yang dia keluarkan.

Menurut WHO, berikut Ciri-ciri sperma yang tidak baik secara mikroskopis:
1. Tidak mempunyai isipadu sekitar 2-5 mililiter.
2. Tidak berbau khas.
3. Tidak cair dalam masa kurang daripada satu jam jika di luar organ-organ pembiakan wanita.
4. Tidak berwarna putih keruh dan tidak kental.
5. Setiap mililiter sperma tidak berjumlah kira-kira 20-40 juta dengan 30 peratus diantaranya berbentuk normal.
6. Pergerakkannya tidak baik.
7. Ciri-ciri mandul yang terakhir adalah adanya penggumpalan (dua spermatozoa yang melekat). Jika ciri-ciri tersebut anda miliki, maka akan terjadi beberapa kelainan pada sperma yang dihasilkan, seperti oligozoospermia (jumlah spermatozoa yang dihasilkan kurang dari 15 juta), astenozoospermia (gerakan spermatozoa tidak normal), teratozoospermia (jumlah spermatozoa yang normal jauh di bawah 30 peratus ), azoospermia (sperma yang dikeluarkan hanya berupa cecair), dan aspermia (tidak ada sperma yang dikeluarkan).

Penyebab kemandulan seorang lelaki itu terbagi menjadi dua. Pertama adalah faktor genetik. Lelaki dengan kromosom yang berjumlah 47 jenis XXY tidak akan menghasilkan sperma. Sedangkan lelaki dengan jumlah kromosom 46 jenis XX, proses pembuatan spermanya akan terganggu.
Penyebab yang kedua adalah faktor dari luar yang boleh didapati dari penyakit, seperti varicoceles atau hernia.

Penyakit tersebut bisa berpotensi menyumbat saluran sperma. Selain itu, radiasi juga boleh menurunkan kesuburan lelaki, bahkan menyebabkan kemandulan. Kemandulan juga seringkali disebabkan oleh penyakit berjangkit pada kelamin, seperti gonorea dan chlamydia. Kedua-dua penyakit ini pada awalnya mungkin tak menunjukkan gejala. Gejala baru timbul setelah terjadinya peradangan pinggul atau salpingitis. Untuk itu, anda dianjurkan untuk menjalani perilaku hubungan intim yang selamat guna mengurangkan risiko kemandulan di masa yang akan datang. – republika.co.id (sumber dari sini)

********

Dikaruniai keturunan merupakan fitrah manusia. Para Nabi pun pernah memanjatkan doa kepada Tuhan agar dikaruniai keturunan. Misalnya saja, Nabi Zakaria AS yang bisa kita baca pada Quran Surat Ali Imran: 38; dan Nabi Ibrahim AS yang bisa kita baca pada Quran Surat Ash-Shaffat: 100. 

Dalam Quran Surat Nuh: 10-12, dijelaskan tentang cara mendapatkan keturunan yakni dengan jalan BERISTIGHFAR.

“Maka aku katakan kepada mereka,’Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun (10) Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat (11) Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai(12)”

Ayat-ayat diatas juga menerangkan cara mendapatkan hal-hal berikut dengan istighfar :

  • Ampunan Allah terhadap dosa-dosanya. Berdasarkan firman-Nya: ‘Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun’
  • Diturunkannya hujan yang lebat oleh Allah. Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata:”Midraara” adalah hujan yang turun dengan deras.(Shahihul Bukhari, 8/666)
  • Allah akan membanyakkan harta dan anak-anak. Dalam menafsirkan ayat:’Wa yumdidkum biamwalin wa banin’ Atha’ berkata: Niscaya Allah akan membanyakkan harta dan anak-anak kalian .
  • Allah akan menjadikan untuknya kebun-kebun
  • Allah akan menjadikan untuknya sungai-sungai. Imam Al-Qurthubi berkata:”Dalam ayat ini, juga disebutkan dalam surat Hud {Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya : Hud ayat 3} adaalah dalil yang menunjukkan bahwa istighfar merupakan salah satu sarana meminta diturunkannya rezeki dan hujan” (Tafsir Al-Qurthubi 18/302]


Al-Hafizh Ibnu Katsir dalam tafsirnya berkata:

“Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohon ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun’ maknanya: bertobatlah kamu dari kemusyrikan dan esakanlah Dia Yang Maha Tinggi. Karena barang siapa yang bertaubat kepada Allah, maka Allah akan menerima taubatnya walaupun dosanya besar. Atau jika kalian bertaubat kepada Allah, meminta ampun kepadaNya dan kalian senantiasa mentaati-Nya, niscaya Ia akan membanyakkan rizki kalian dan menurunkan air hujan serta keberkahan dari langit, mengeluarkan untuk kalian berkah dari bumi, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan untuk kalian, melimpahkan air susu perahan untuk kalian, membanyakkan harta dan anak-anak untuk kalian, menjadikan kebun-kebun yang didalamnya bermacam-macam buah-buahan untuk kalian serta mengalirkan sungai-sungai diantara kebun-kebun itu untuk kalian”*

Demikianlah, dan Amirul mukminin Umar bin Khaththab radhiyallahu anhu juga berpegang dengan apa yang terkandung dalam ayat-ayat ini beliau memohon hujan dari Allah Subhanahu wa ta’aala.

Muthrif meriwayatakan dari Asy-sya’bi:”Bahwasanya Umar radhiyallahu anhu keluar untuk memohon hujan bersama orang banyak. Dan, beliau tidak lebih dari mengucapkan istighfar (memohon ampun kepada Allah) Lalu beliau pulang. Maka seorang bertanya kepadanya,”Aku tidak mendengar anda memohon hujan” maka ia menjawab,”Aku memohon diturunkannya hujan dengan majadih {majadih yaitu: salah satu jenis bintang yang menurut bangsa Arab merupakan bintang (yang jika muncul) menunjukkan hujan akan turun. Maka Umar menjadikan istighfar sama dengan bintang-bintang tersebut, suatu bentuk komunikasi melalui apa yang mereka ketahui. Dan sebelumnya mereka menganggap bahwa adanya bintang tersebut pertanda akan turun hujan, dan bukan berarti bahwa Umar berpendapat bahwa turunnya hujan karena bintang-bintang tersebut.Tafsir Al_khazin, 7/154}langit yang dengannya diharapkan bakal turun air hujan. Lalu beliau membaca ayat kesepuluh dan sebelas dari surat Nuh.

Imam Hasan Al-Bashri juga menganjurkan istighfar (memohon ampun) kepada setiap orang yang mengadukan kepadanya tentang kegersangan, kefakiran, sedikitnya keturunan dan kekeringan kebun-kebun.

Imam Al-Qurthubi menyebutkan dari Ibnu Shabih, bahwasanya ia berkata: ”Ada seorang laki-laki mengadu kepadanya Hasan Al-Bashri tentang kegersangan bumi maka beliau berkata kepadanya,”beristighfarlah kepada Allah!” yang lain mengadu kepadanya tentang kemiskinan maka beliau berkata kepadanya,”beristighfarlah kepada Allah!” yang lain lagi berkata kepadanya,”Doakanlah (aku) kepada Allah, agar Ia memberiku anak!” maka beliau mengatakan kepadanya,”beristighfarlah kepada Allah! ”Dan yang lain lagi mengadu tentang kekeringan kebunya maka beliau mengatakan pula kepadanya,”beristighfarlah kepada Allah!” Dan, kami menganjurkan demikian kepada orang yang mengalami hal yang sama. Dalam riwayat lain disebutkan:”Maka Ar-Rabi’ bin Shabih berkata kepadanya:Banyak orang yang mengadukan bermacam-macam perkara dan anda memerintahkan mereka semua untuk beristighfar.

Maka Hasan Al-Bashri menjawab:”Aku tidak mengatakan hal itu dari diriku sendiri tetapi sungguh Allah telah berfirman dalam surat-Nya (Nuh ayat 10-12)

Sebagai tambahan bahwa memohon ampun kepada Allah (istighfar) dalam ayat diatas menurut para ulama tidaklah berarti bahwa mereka diperintahkan hanya dengan lisan saja akan tetapi dengan lisan dan perbuatan. Bahkan apabila seseorang memohon ampun kepada Allah hanya dengan lisan saja tanpa disertai dengan perbuatan maka itu adalah pekerjaan para pendusta. (Al-Mufradat fi ghariibil Qur’an hal:362)

Ya, Allah! jadikanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang pandai beristighfar. Dan karuniakanlah kepada kami buahnya didunia maupun akhirat . Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan. Amin. Wahai Yang Maha Hidup dan terus menerus mengurus makhluk-Nya.

(Sumber: Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir,GIP,4/818-820
Belum Punya Keturunan? Ini Kata Alquran Belum Punya Keturunan? Ini Kata Alquran Reviewed by Kosim Abina Aziyz on August 25, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.