Rahasia Kesehatan: Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kita

Rasulullah SAW dan Kucing
Rasulullah SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu saat, di kala Rasulullah SAW hendak mengambil jubahnya, ditemuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubah Beliau. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Rasulullah SAW pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya.

Ketika Rasulullah SAW kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, Rasulullah SAW menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.


Dalam aktivitas lain, setiap kali Rasulullah SAW menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang Rasulullah SAW sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan.


Kepada para sahabatnya, Rasulullah SAW berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.


Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah Hadist Shahih Al Bukhari, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Rasulullah SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.



Dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Tak hanya Rasulullah SAW, istri Rasulullah SAW sendiri, Aisyah binti Abu Bakar pun amat menyukai kucing, dan merasa amat kehilangan di kala ditinggal pergi oleh si kucing. Seorang sahabat yang juga ahli hadits, Abdurrahman bin Sakhr Al Azdi diberi julukan Abu Hurairah (bapak para kucing jantan), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan di rumahnya.

Manfaat Dengkuran Kucing

Kucing membuat getaran mendengkur dalam kisaran 20-140 Hz, dikenal terapi medis  untuk berbagai penyakit.

  1. Menurunkan Stres
  2. Membelai kucing yang mendengkur dapat  menenangkan saraf Anda
  3. Kucing mendengkur dapat mengurangi gejala dyspnea di antara keduanya, kucing dan manusia
  4. Tekanan darah rendah
  5. Dengan berinteraksi dengan kucing dan pemanasan suara mendengkur
  6. Penyembuhan Tulang
  7. Frekuensi 25 Hz dan 50 adalah yang terbaik, dan 100 Hz dan 200 Hz frekuensi terbaik kedua untuk memdukung kekuatan tulang
  8. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pemilik kucing memiliki risiko 40% lebih sedikit dari serangan jantung
  9. Getaran dengkuran kucing membantu penyembuhan infeksi dan pembengkakan
  10. Penyembuhan otot, tendon dan ligamen cedera.
  11. Getaran juga membantu untuk penyembuhan jaringan lunak


Rahasia Kesehatan: Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kita Rahasia Kesehatan: Manfaat Dengkuran Kucing bagi Kita Reviewed by Kosim Abina Aziyz on February 03, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.