Situs Pemendek URL dari Indonesia

Salah satu fungsi dari berbagai media sosial adalah untuk berbagi. Berbagi berita, kabar, pesan, foto, juga lokasi kepada pihak lain.

Dengan beberapa alasan, seperti: adanya pembatasan karakter pada media sosial, menyembunyikan alamat situs asli, memudahkan pengguna mobile, mudah untuk diingat, dan mudah untuk di-share; alamat situs (URL) yang akan dibagi pada media sosial bisa diperpendek.

Ada belasan situs pemendek URL (Uniform Resource Locator) yang bisa kita manfaatkan, seperti: goo.gl, bit.ly, dan tinyurl dan di antaranya adalah situs pemendek dari Indonesia.

Dan inilah, daftar situs-situs pemendek yang berasal dari Indonesia

1. Situs s.id (recommended)

Situs ini dibuat oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dengan Top Level Domain .id (Indonesia). Jika kita menggunakan situs ini maka bandwidth yang kita pakai tidak "lari" ke luar negeri, sekaligus mempromosikan TLD negeri sendiri .id serta wujud dari nasionalisme kita di ranah internet.

2. Situs kro.co

Namanya lucu: Kroco! Di kampung (Jawa), kata kroco digunakan untuk menyebut orang bawahan, orang pinggiran, atau kaum marginal. Nah, nama ini ternyata digunakan sebagai situs pemendek URL. Bagi saya nama ini mudah diingat. Sayangnya, ber-TLD .co. Co merupakan TLD dari negara Colombia di Amerika Latin.

3. Yang ketiga adalah situs de.tk

De.tk, namanya mirip portal berita terkenal, ya? Memang! Pemendek URL dibuat oleh situs detik[dot]com. Bagi netizen Indonesia, pasti sudah tidak asing dengan situs ini. Adapun [dot]tk merupakan TLD dari Tokelau, sebuah wilayah teritori dari negara Selandia Baru.

Itulah, 3 (tiga) situs pemendek URL dari Indonesia yang saya tahu.
Situs Pemendek URL dari Indonesia Situs Pemendek URL dari Indonesia Reviewed by Kosim Abina Aziyz on January 03, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.