Kompilasi Hadits: Sunnah Hari Jumat


Jika ada pertanyaan seperti ini, " Apakah yang selalu muncul di jejaring sosial, hal-hal yang berkaitan dengan hari Jumat selama ini? Jawabannya adalah sunnah Nabi yang nilainya sama dengan membunuh orang Yah*di dan ajakan mengerjakan salat Jumat biar ganteng, katanya.


Padahal sunnah-sunnah Nabi yang berkenaan dengan hari Jumat itu banyak, silakan dibaca riwayat-riwayat di bawah ini:

“Siapa yang mandi pada hari jum’at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum’at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudian ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum’at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum’at itu dan jum’at sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

“Adalah Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, ”Memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jum’at sebelum beliau pergi sholat jum’at". (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani)

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,  


“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari jum’at, maka cahaya akan menyinarinya di antara dua jum’at”. (H.R al-Hakim hadits shahih)

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,  

“Maka perbanyaklah (sholawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku.” (H.R Abu Daud no.1047 hadits shahih).

“Pada hari jum’at di setiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya, apabila imam datang/naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu mereka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.” (H.R Bukhari no:929 Muslim no:850)

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,

“Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,
 

“Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)
Kompilasi Hadits: Sunnah Hari Jumat Kompilasi Hadits: Sunnah Hari Jumat Reviewed by Kosim Abina Aziyz on January 23, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.