Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Biar Fotogenik, Begini Caranya

Setiap kali Pemilu atau Pilkada, saya sering merasa muak. Sampah visual berupa spanduk, baliho, umbul-umbul, dan stiker dari para caleg terhambur di berbagai sudut kota atau desa, begitu menganggu pandangan mata. Pokoknya ngeres!

Sudah begitu, para caleg narsis yang naudzubillah itu gayanya sangat membosankan: wajah kaku, birokratis, protokoler, pandangan kosong sambil menatap ke sudut yang entahlah. Seandainya ada gigi taringnya keluar, cocok sudah ikut casting film vampir atau daracula. Ini belum berbicara tentang integritas, janji-janji palsu, hobi saling menjatuhkan lawan politik, dan barang jualannya itu lho: orang miskin, ras, dan firman Tuhan. Seharusnya mereka ini harus dikasih royalty sama caleg yang resmi jadi legislator. Atau jangan-jangan "serangan fajar" itu royaltynya, ya?

Untungnya ada juga yang kreatif, dua-tiga seperti (sampah visual) di bawah ini



Nah, agar kita saat dipotret menjadi enak dipandang, tidak kaku, birokratis, protokoler, atau dengan kata lain fotogenik seperti Mas +Roni BMH atau Daeng +ji'in rinegand  tentu ada caranya.

Berikut cara atau tips agar (foto) kita jadi fotogenik

1. Senyum dengan mata ikut tersenyum

2. Angkat alis, sedikit
3. Senyum tanpa menampakkan gusi
4. Pandangan di atas kamera
5. Jaga lidah di belakang gigi, sentuh akar mulut, sedikit
6. Sembunyikan dagu rangkap, majukan dahi kedepan dan sedikit kebawah. Hal ini bertujuan untuk meregangkan kulit leher sehingga memiliki garis rahang yang "well-defined" (waduh, ngomong opo to iki?)
7. Sembunyikan bagian lengan yang lembek, tahan lengan beberapa inci dari badan
8. Jaga postur tubuh, punggung dan bahu lurus namun tetap santai
9. Temukan sudut (angle) terbaik, pose model klasik: putar 3/4 badan kedepan kamera

Kecelakaan Umum

1. Hindari berkata "cheese", "buncis", "kimchi", dan lainnya, melakukan hal ini dapat menghasilkan wajah menyeringai, kita mesti punya pikiran bahagia, kan?
2. Mengempiskan perut dapat menyebabkan tulang rusuk menyodok melalui baju
3. Jangan mengatupkan gigi selagi senyum, usahakan mulut sedikit terbuka. Keadaan seperti ini dapat membuat ekspresi yang lebih alami dan berekspresilah seperti mendapatkan uang seratus juta rupiah saat melakukan hal ini :D

Bonus! Mungkin seperti inilah orang yang fotogenik itu



sumber gambar: mbah google
bahan dari vash[dot]com/vital[dot]anna

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!