Biar Fotogenik, Begini Caranya

Setiap kali Pemilu atau Pilkada, saya sering merasa muak. Sampah visual berupa spanduk, baliho, umbul-umbul, dan stiker dari para caleg terhambur di berbagai sudut kota atau desa, begitu menganggu pandangan mata. Pokoknya ngeres!

Sudah begitu, para caleg narsis yang naudzubillah itu gayanya sangat membosankan: wajah kaku, birokratis, protokoler, pandangan kosong sambil menatap ke sudut yang entahlah. Seandainya ada gigi taringnya keluar, cocok sudah ikut casting film vampir atau daracula. Ini belum berbicara tentang integritas, janji-janji palsu, hobi saling menjatuhkan lawan politik, dan barang jualannya itu lho: orang miskin, ras, dan firman Tuhan. Seharusnya mereka ini harus dikasih royalty sama caleg yang resmi jadi legislator. Atau jangan-jangan "serangan fajar" itu royaltynya, ya?

Untungnya ada juga yang kreatif, dua-tiga seperti (sampah visual) di bawah ini



Nah, agar kita saat dipotret menjadi enak dipandang, tidak kaku, birokratis, protokoler, atau dengan kata lain fotogenik seperti Mas +Roni BMH atau Daeng +ji'in rinegand  tentu ada caranya.

Berikut cara atau tips agar (foto) kita jadi fotogenik

1. Senyum dengan mata ikut tersenyum

2. Angkat alis, sedikit
3. Senyum tanpa menampakkan gusi
4. Pandangan di atas kamera
5. Jaga lidah di belakang gigi, sentuh akar mulut, sedikit
6. Sembunyikan dagu rangkap, majukan dahi kedepan dan sedikit kebawah. Hal ini bertujuan untuk meregangkan kulit leher sehingga memiliki garis rahang yang "well-defined" (waduh, ngomong opo to iki?)
7. Sembunyikan bagian lengan yang lembek, tahan lengan beberapa inci dari badan
8. Jaga postur tubuh, punggung dan bahu lurus namun tetap santai
9. Temukan sudut (angle) terbaik, pose model klasik: putar 3/4 badan kedepan kamera

Kecelakaan Umum

1. Hindari berkata "cheese", "buncis", "kimchi", dan lainnya, melakukan hal ini dapat menghasilkan wajah menyeringai, kita mesti punya pikiran bahagia, kan?
2. Mengempiskan perut dapat menyebabkan tulang rusuk menyodok melalui baju
3. Jangan mengatupkan gigi selagi senyum, usahakan mulut sedikit terbuka. Keadaan seperti ini dapat membuat ekspresi yang lebih alami dan berekspresilah seperti mendapatkan uang seratus juta rupiah saat melakukan hal ini :D

Bonus! Mungkin seperti inilah orang yang fotogenik itu



sumber gambar: mbah google
bahan dari vash[dot]com/vital[dot]anna
Biar Fotogenik, Begini Caranya Biar Fotogenik, Begini Caranya Reviewed by Kosim Abina Aziyz on January 06, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.