Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Derita Hidup Kaum Bukan Perokok

Menjadi seseorang bukan perokok merupakan anugerah: suka udara bersih, anti bau-bauan, dan bertanggung jawab terhadap keuangan. Memang, tidak membeli rokok tidak menjadikan saya kaya, namun setidaknya saya tidak membakar uang dengan sia-sia. Lebih baik uang itu saya belikan susu anak, martabak untuk istri, atau beli pulsa untuk internetan. Jelas lebih bermanfaat!

Terkadang, saya harus menemui keadaan yang memaksa saya bergaul dengan asap s*alan. Rasanya seperti berada di atas pohon, di tengah hutan yang sedang kebakaran. Sesak, pengap, bau, dan mata nanar. Aaaarrrrggghhhhh .... ! Jujur, saya lebih suka dilumuri asap dari bakaran sate ayam atau kambing, sambil menahan air liur meleleh daripada asap rokok yang .... ampun dah!
Derita kaum bukan perokok akan menemui waktunya ketika....

1. Kondangan
Saat mendapat undangan dari tetangga dengan level satu dusun saya mesti bersiap untuk hal ini: diasapi! 
Jika sudah begini, saya akan memilih tempat dekat jendela jika berada di dalam ruangan. Atau sekalian memilih duduk di luar ruangan di mana intensitas asap berkurang. Di tempat kondangan, jangan berharap para perokok akan berhenti mengebulkan asap dari mulutnya. Dan jangan berharap adanya udara segar bagi kaum bukan perokok. Untungnya ada kompensasi di tempat kondangan: ayam goreng, ikan bakar, dan makanan enak lainnya.

2. Angkutan umum non-AC
Berada di angkutan umum, harus bersiap menemui kepulan asap rokok. Jika ketemu, jurus tengok keluar jendela atau tahan nafas sejenak harus dilakukan. Sambil berharap si perokok segera turun dari kendaraan atau saya yang segera turun duluan. Soalnya para perokok tidak punya kepedulian dan sense of fresh air (eh, ngomong opo to?)
Begitulah dua tempat di mana kaum bukan perokok akan menderita, sambil bergumam "mana, mana udara segar?"

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

Posting Komentar

Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!