Berbagi-Pakai File Melalui Google Drive

Pertama, saya mengucapkan Selamat Idul Adha1435 H, semoga bagi teman-teman yang berqurban,amalnya diterima oleh Allah Subhanahu wa Taala. Dan kita bisa meneladani ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah, kesabaran Siti Hajar dan kesalehan Nabi Ismail AS.

Kedua, masih berkaitan dengan Idul Adha, salah satu yang menjadi rukun shalat Ied adalah (pembacaan) khutbah Ied. Saya tidak akan membahas tentang isi dari khutbah Ied pada kesempatan ini namun lebih spesifik pada cara khatib mendapatkan bahan khutbah.

Bahan khutbah bisa didapat dengan berbagai cara: membuat sendiri, membaca buku khutbah, menyalin dari komputer rekan (melalui media flashdisk) dan mengunduh (download) via internet. Cara terakhir, dalam dunia sosial dikenal dengan istilah sharing (berbagi-pakai).

Jika selama ini kita sering mengunduh (download) file baik dokumen, gambar, music atau aplikasi dari berbagai situs internet. Kita pun bisa menjadi penyedia file untuk didownload oleh pihak lain, misalnya  Khutbah Ied, dengan menampilkan tautan (link) download pada blog atau email.
Untuk kepentingan ini kita bisa menggunakan layanan penyedia penyimpanan berkas dalam jaringan, seperti: 4shared, mediafire, dropbox, rapidshare dan Google Drive.

*******

Bagi narablog yang menggunakan blogger, kita bisa menggunakan layanan Google Drive. Alasannya, karena kita tidak perlu membuat akun baru. Cukup satu akun untuk menikmati berbagai layanan dari Google: e-mail, Youtube, Blogger, Google Play,  dan Google Drive.
Adapun cara membuat link download pada blog baik di laman entri maupun laman statis:
  1. Masuk ke akun kita di Google Drive 
  2. Setelah terbuka, pilih tombol “baru”

  3. Pilih tombol "unggah file"

4.  Pilih file yang akan kita unggah


5. Jika sudah terunggah akan ada keterangan di sudut kanan bawah, selanjutnya pilih tautan "bagikan"

6. Setelah muncul kotak dialog, pilih ikon tautan dengan keterangan "Dapatkan tautan yang bisa dibagikan"


7. Selajutnya pilih ikon anak panah dengan pilihan "siapa saja dapat melihat"


8. Salin (Ctrl+C) tautan yang dilingkari dan tekan tombol "beres"

9. Buka blogger pada dashboard>buat entri baru



10.  Ketikkan tulisan, misalnya "download di sini". Selanjutnya tulisan tersebut diblok kemudian tekan Link


11.  kotak dialog edit link muncul, paste-kan (Ctrl+V) tautan yang disalin dari Google Drive dan centang seperti pada gambar

dan tautan tadi akan berubah menjadi seperti ini Download di sini yang jika dklik akan mengarah pada situs Google Drive
Berbagi-Pakai File Melalui Google Drive Berbagi-Pakai File Melalui Google Drive Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 07, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.