Beli Nasi Bungkus RM Padang, Inilah Isi yang (Selalu) Ada

Makan bersama keluarga merupakan salah satu momen yang menyenangkan. Bertanya perkembangan anak di sekolah, bagaimana mengajinya, apa yang dilakukan dalam keseharian, semuanya mengalir dengan enak, dan jauh dari kesan "interogasi". Begitu pula dialog dengan Ibunya, yang mengurus anak-anak dan urusan rumah seharian.

Karena tuntutan tugas, waktu siang hari, sering tidak bisa berkumpul bersama keluarga. Momen makan masakan ibunya anak-anak diganti dengan makan nasi bungkus bikinan uda-uda dari rumah makan Padang di seputaran Plaju, Palembang




Ratusan kali (kebanyakan gak, ya?) membeli nasi bungkus dari beberapa rumah makan Padang, saya menemukan adanya kesamaan menu. Tapi kurang tahu ya kalau belinya di restoran, saya belum pernah beli.

Kesamaan yang sering saya temui

1.Menyediakan rendang



Rendang merupakan menu wajib dari masakan Padang. Sebagai lauk, ia bisa diganti dengan ayam panggang, ayam goreng, ikan, atau telor.

2. Gulai Sayur Daun Singkong



Saya gak tahu, setiap kali beli nasi bungkus rasanya selalu bertemu dengan sayur daung singkong, nggak di Palembang, Balikpapan atau di Sangatta.

3. Sayur Nangka Muda




Sayur nangka muda juga sama dengan dengan sayur daun singkong, sangat sering ditemui. Keduanya kadang saling melengkapi dan kadang saling menggantikan, dan sama-sama bersantan.



4. Sambal Cabai Hijau




Inilah yang menjadi ciri khas dari masakan Padang yang terkenal dengan rasa pedasnya itu. Bahkan ada teman anak Minang, __"makan tanpa cabai seperti tidak makan, katanya.

Nah, komponen utama dari rasa pedas, ya, cabai. Cabai yang sering digunakan adalah cabai hijau.

5. Kuah Bersantan

Yah, itulah pengalaman mengonsumsi nasi bungkus dari rumah makan Padang.

Ilustrasi: google
Beli Nasi Bungkus RM Padang, Inilah Isi yang (Selalu) Ada Beli Nasi Bungkus RM Padang, Inilah Isi yang (Selalu) Ada Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 11, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.