Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Memulai Usaha: Hutang di Bank atau Ngumpulin Modal dulu?


Belajar, tidak harus di sekolah. Kita bisa belajar dari mana saja dan di mana saja. Seperti waktu saya silaturrahim pas lebaran yang lalu. Dari obrolan yang yang tak bertopik, saya mendapat “ilmu” dari seorang pengusaha yang sukses (ukuran sukses menurut pandangan umum dilihat dari semakin banyaknya seseorang mengumpulkan materi. Yah, materi! Mau istrinya bagaimana, keluarganya bagaimana gak urus Senyum mengantuk, namun untuk beliau benar-benar sukses mau dilihat dari manapun dan dari sudut apapun). Ilmu tersebut berkenaan dengan “dari mana memulai usaha”.

Bagi sebagian besar orang (termasuk saya), hal pertama yang menjadi kendala untuk memulai bisnis adalah faktor modal. Dalam benak saya untuk memulai usaha harus mempunyai modal yang besar dulu. Apakah itu dengan menabung dulu atau kalau mau cepat hutang di bank dengan menjaminkan properti yang kita punyai.
Masalahnya adalah mau pinjam di bank kok tidak punya jaminan, mau menabung, saldo bulanan berada dalam area yang kritis Naik pitam.

******

Dua hal di atas, menurut Bapak pengusaha tadi, adalah salah. Untuk memulai usaha tidak harus pinjam uang di bank atau mengumpulkan modal dulu baru usaha. Yang “benar”, memulailah dengan kemampuan yang ada, fokus, menjiwai dan istiqamah!
Contoh, untuk membuat peternakan ayam. Membuat peternakan apakah ada aturan harus memelihara 1.000 ekor untuk syarat minimal? Kan tidak ada. Jika kemampuannya 100 ekor untuk memulai, ya mulailah dengan 100 ekor. begitu pula untuk usaha lain. Yang kedua, sesuaikan dengan “bakat, minat dan hobi”.



 

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

1 komentar

  1. Salam kenal gan ...
    Download idm terbaru v618
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!