Opera 12: Tips dan Trik Berselancar dengannya


Pertemuan Pertama dengan Browser Opera
Tahun 2004, saya dan keluarga kecilku pindah dari Samarinda ke Kutai Barat, Kalimantan Timur. Pernah mendengar Kutai Barat? Kutai Barat merupakan sebuah kabupaten yang berada di jantungnya Pulau Kalimantan, sebuah tempat di mana sungai Mahakam yang legendaris berhulu. Waktu itu, akses menuju ke sini mengandalkan transportasi sungai. Jarak tempuh dari Samarinda menuju Sendawar, ibukota Kabupaten Kutai Barat berkisar antara 17 hingga 20 jam! Tak heran, jika barang-barang di sini harganya tinggi.
Tentu saja, meskipun tinggal di pedalaman, kami memerlukan informasi. Namun, jika saya mau membaca koran nasional harus mengeluarkan uang Rp 10.000,- per eksemplar. Itu pun lambat satu hari. Mau beli televisi, mengharuskan membeli parabola. Uang kami tidak cukup, waktu itu. Untuk keperluan ini, di tengah-tengah kondisi harga yang tinggi pilihan jatuh pada”internet mobile”.  Gadget yang saya gunakan masih berupa ponsel Java, “LCD” TFT 256 k, dan bisa menangkap sinyal GPRS. Adapun biaya akses per kB sebesar Rp 12,-.
Awalnya, saya memakai browser bawaan ponsel. Karena lambatnya minta ampun, akhirnya saya melakukan pencarian yang intinya “berinternet cepat menggunakan ponsel Java”. Dari sinilah saya bertemu dengan browser Opera untuk ponsel (Java) yang bernama Opera Mini. Sejak saat itu Opera menjadi browser wajib saya baik untuk ponsel maupun untuk netbook. Terima kasih Opera!
Fitur-fitur Keren Opera 12
Opera 12 merupakan rilis terbaru dari browser kesayangan ini. Opera 12 hadir dengan fitur-fitur khas yang mempermudah dan memberi kenyamanan kita dalam berinternet. Dan yang lebih penting lagi adalah kecepatan.
1. Cantik Seketika dengan tema-tema favorit
Opera 12 menyediakan tema-tema yang dapat kita pasang secara instan di tautan Addons. Kita pun bisa membuat tema sendiri dengan memanfaatkan ekstensi Opera Theme Creator.  Keren kan?
2. Anti lemot dengan Opera Turbo
Opera Turbo adalah fasilitas yang diberikan oleh Opera, yang berfungsi untuk memadatkan data sehingga mempercepat proses rendering. Fitur ini cocok sekali bagi kita yang sering memanfaatkan Wi-Fi publik atau memakai modem GSM.
3. Memperbesar dan Memperkecil Halaman dengan fitur Zoom
Saat berinternet, kadang kala kita menemui situs dengan fon yang kecil-kecil. Jangan khawatir! Dengan fitur zoom, kita dapat memperbesar halaman hingga 300%. Kita ingin mengecilkannya, Opera bisa melakukannya dengan memperkecil halaman hingga 20%! Itu bisa kita lakukan seketika pula.
4. Manajemen Bookmark Visual dengan Speed Dial (Panggil Cepat)
Lupakan mencari bookmark dengan membuka folder. Dengan speed dial kita dapat menuju situs yang sering kita kunjungi langsung saat kita membuka browser. Tampilan speed dial berupa halaman situs bersangkutan (yang diperkecil) dan bisa kita tambah dengan situs apa pun dengan jumlah berapa pun.
5. Terintegrasi dengan e-Mail Client
Dalam urusan korespondensi elektronik, banyak di antara yang menggunakan e-Mail Client seperti Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, Microsoft Live Mail, dan sejenisnya. Lupakan itu semua! Dengan Opera, fitur e-Mail Client sudah terintegrasi di dalamnya. Dengan fitur ini kita dapat  memberi label e-Mail, mengimpor e-Mail, membaca Milis, dan RSS Feed. Selain itu Opera juga menjamin keamanan dengan memilah-milah e-Mail spam secara otomatis. Kita bahkan dapat melakukan chatting (IRC)  menggunakan Opera. Keren, kan?
6. Membuat Mesin Pencarian Sendiri
Kita tentu sudah familier dengan Google, Bing, Yahoo, Yandex, atau Baidu. Yah, nama-nama tadi adalah beberapa nama dari mesin pencari yang sering dipakai oleh netter. Dengan Opera, kita bisa membuat mesin pencari sendiri.
Jika kita termasuk penggila situs video semacam Youtube, kita bisa membuat mesin pencari bernama –jangan kaget- Youtube! Caranya: buka situs Youtube. Setelah terbuka, arahkan kursor pada kolom pencarian. klik kanan pada mouse dan pilih “Buat Pencarian”. Isi form yang tersedia dan klik OK. Mesin pencari Youtube akan tertambah pada kolom pencarian pada browser Opera. Ketika ketika membuat pencarian menggunakan mesin pencari Youtube, maka data yang ada pada Youtube akan keluar. Begitu pula jika kita ingin menambah mesin pencari chip.co.id, My Opera, Detik dan seterusnya. Keren kan?
7. Berselancar di Dunia Maya Anti Lacak dengan Tab Pribadi
Bila kita sering menggunakan Internet Banking atau situs sejenis, dan takut kena penyadapan atau diketahui pihak lain. Jangan khawatir, Opera memberi fasilitas  “Tab Pribadi”, dengan tab pribadi ini, Opera akan menghapus segala informasi seperti:  riwayat browsing, item dalam cache, dan cookies, begitu kita menutup tab ini.
8. Penumpukkan Tab
Saat kita sedang membuat sebuah penelitian atau semacamnya terkadang “mengharuskan” kita untuk membuka puluhan bahkan mungkin ratusan situs. Tidak usah khawatir dengan keterbatasan “ruang” dari perangkat yang kita gunakan. Kita tinggal menumpuk satu tab ke tab lainnya, masalah tersebut bisa ditangani.
9. Menyinkronkan Data, Password, Bookmark, dan Speed Dial antara Gadget dan PC dengan Opera Link
Satu hal yang tidak bisa ketinggalan saat kita bepergian, gadget. Mulai dari jenis ponsel Java, ponsel cerdas, atau tablet. Selain sebagai alat komunikasi konvensional, juga berfungsi sebagai perangkat hiburan, dan tentunya untuk internetan. Jika dipakai untuk internetan, browser yang paling mumpuni adalah Opera Mini. Dalam kondisi dalam perjalanan, terkadang kita menemukan situs yang penting untuk di-bookmark. Dengan Opera Link, tidak ada “momen” yang terlewatkan, putus atau hilang, sebab fitur ini dapat menyinkronkan data, password, bookmark, dan Speed Dial antara Gadget dan PC.
10. Memperkaya Kemampuan Browser dengan Ekstensi
Dengan Ekstensi, kita dapat menambah kemampuan Opera "melakukan tugas” untuk mempermudah kita dalam berselancar. Misalnya, menerjemahkan teks asing ke bahasa Indonesia, menonaktifkan iklan pada halaman web, mengetahui situs berbahaya, dan lain-lain.
* * * * * * *
Opera menggunakan mesin Java Script yang bernama “Carakan”. Carakan sendiri diambil dari nama aksara dari Tanah Jawa, Indonesia. Secara tidak langsung Opera mempromosikan Indonesia dalam jagad mesin peramban. Selain fitur-fitur di atas, terdapat beberapa fitur yang ada pada Opera 12, seperti geolokasi, Opera Dragonfly (fitur debugging), dukungan untuk webcam dan akselerasi perangkat keras dan WebGL.

Opera-Chip Online Blog Writing Competition                       
Didukung oleh:

LogoOperalogo chip
Opera 12: Tips dan Trik Berselancar dengannya Opera 12: Tips dan Trik Berselancar dengannya Reviewed by Kosim Abina Aziyz on July 15, 2012 Rating: 5
Powered by Blogger.