Kelebihan dan Kekurangan goo.gl, Pemendek URL dari Google

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan Twitter, layanan jejaring sosial yang menyediakan 140 karakter itu. Meskipun sedikit, kita pun tak susah apabila ingin mengirim tautan dengan karakter yang panjang. Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan situs pemendek URL.

Pemendek URL yang lazim digunakan adalah bit.ly. Selain itu, Google juga baru mengeluarkan pemendek URL untuk publik yaitu goo.gl. Sebetulnya layanan goo.gl sudah lama, hanya saja kehadirannya diperuntukkan bagi pengguna layanan Google tertentu, seperti Toolbar Browser Google dan Feedburner RSS.

KEUNGGULAN
Google mengklaim pemendek URL-nya paling stabil, aman dan cepat.
Untuk keamanan, cara kerja sama dengan filter yang digunakan pada Google Search dan Gmail. Jadi, apabila tautan yang kita klik berisi malware atau spam, akan ada peringatan.
Selain itu, layanan ini bisa memonitor trafik yang masuk ke URL yang sudah dipendekkan.

KEKURANGAN
Saat saya mencoba memendekkan URL blog ini (http://blogeqosim.blogspot.com) memakai gadget yang berbeda, diperoleh hasil yang berbeda. Yang satu, goo.gl/OUkV dan yang kedua goo.gl/U557. Sedangkan bila memakai bit.ly, puluhan kali URL dipendekkan, hasilnya tetap bit.ly/bJgKU3.
Kelebihan dan Kekurangan goo.gl, Pemendek URL dari Google Kelebihan dan Kekurangan goo.gl, Pemendek URL dari Google Reviewed by Kosim Abina Aziyz on October 01, 2010 Rating: 5
Powered by Blogger.