Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Menggunakan Foto Sendiri untuk Background Blog Kita

Bagi pengguna Blogger, kita tentu sudah mengetahui bahwa Blogger(dot)com  melaunching Blogger in Draft. Layanan ini menyediakan 15 template yang customizable yang dibagi menjadi: Simple, Picture Window, Awesome Inc, dan Watermark Selain itu kita juga dapat mengatur template menjadi 1, 2 atau 3 kolom dengan ukuran terserah kita. Dan juga, tersedia ratusan gambar dari istockphoto yang dapat kita pakai sebagai background dari blog kita.

Dan sekarang, kita pun dapat mengunggah foto kita sendiri -bila kita mau, menjadi background dari blog kita. Caranya:
1. Setelah kita masuk pada Blogger in draft pilih Design | Template Designer | Background, dan klik pada Background Image dan Anda akan melihat pilihan  "upload image ", yang akan memungkinkan kita untuk memilih dan meng-upload foto kita sendiri.

2.Untuk foto yang dapat mengisi seluruh background blog, disarankan menggunakan resolusi dengan lebar 1800 piksel dan tinggi 1600 piksel, dengan ukuran file <200KB untuk meminimalkan waktu loading halaman blog kita. Foto yang didukung berformat JPEG, GIF, dan  PNG.

3. Setelah meng-upload foto, kita akan melihat opsi-opsi tambahan Alignment, Repeat, dan Scroll


  • Alignment: kita dapat menyesuaikan foto secara horisontal (kiri, tengah, kanan) dan vertikal (atas dan bawah)
  • Repeat (Tile): Jika kita memiliki gambar kecil, kita dapat menggunakannya dengan mengulang secara  horisontal dan / atau vertikal untuk mengisi halaman. Jika tidak, disarankan agar kita memilih warna latar belakang halaman yang menyatu dengan gambar background blog kita.
  • Scroll: Secara default, gambar kita tetap di tempat sementara pembaca menggulir isi halaman.  Dengan memilih pilihan "scroll with page" , baik gambar latar belakang dan isi halaman gulir bersama-sama. Disarankan agar kita menggunakan gambar yang blends ke warna background atau mengatur foto ke arah vertikal-tile jika kita memilih opsi ini.

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

2 komentar

  1. terima kasih sekali mbak infonya :)
  2. trima kasih atas kunjungannya. Saya bukan "mbak-mbak" tp "bapak-bapak". Silakan lihat profil saya di sidebar kanan-atas.
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!