Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Memanfaatkan Situs Google Trends

Malam ini, sekira jam sembilan, saya melakukan "kegiatan iseng", yakni mencari tahu negara, kota dan bahasa mana saja yang paling sering digunakan dalam pencarian kata "Islam" memakai mesin pencari Google. Untuk hal ini saya menggunakan situs Google Trends yang beralamat di google.co.id/trends. Saya merasa, sepertinya situs ini cocok digunakan bagi peminat masalah-masalah sosial, budaya dan geografi.

Hasil pencariannya adalah:
1. Untuk kategori negara, Indonesia menempati urutan teratas, disusul Malaysia, Pakistan, Maroko, Uni Emirat Arab, Mesir, Turki. Negara-negara tersebut merupakan negara Muslim. Disusul 3 negara di Eropa, yakni Norwegia, Belanda dan Belgia.
2. Sedangkan untuk kategori kota, masih dipegang Indonesia yaitu Jakarta. Disusul Kuala Lumpur (Malaysia), Rabat, Casablanca (Maroko), Ankara, Istanbul (Turki), Brussels (Belgia), Amsterdam (Belanda), Paris (Perancis), dan Brentford (Inggris).
Anda tertarik untuk mencari kata-kata yang lain?

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

4 komentar

  1. google trends adalah salah satu bendera perang yang paling dahsyat dibanding mesin pencari lainya, apalagi ditambahnya system data bse google dan system pengindexan yang baru, walaupun belum sepenuhnya selesai tapi segera google trends berkibar lagi
  2. Google trends pergerakannya cepat, khusus untuk Indonesia mendominasi keyword "download".
  3. wah, dapat pencerahan. setidaknya dapat menjadi pijakan untuk membuat tulisan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. ya bener skali gan.... sayang klo trends tidk dimanfaatkan dengan maksimal!

    btw, bisa bertukar link nggak ya?

    salam kenal!
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!