Tentang ASI: Kolostrum, Gizi & Frekuensi

repro. asipasti[dot]co[dot]cc

Alhamdulillah, anak kedua kami sudah lahir dengan selamat. Seperti anak pertama kami, kami (saya dan istri) sepakat akan memberikan ASI selama 2 tahun penuh, mengikuti anjuran Alquran Surat Al-Baqarah: 233 pada anak kami. Biarlah kami dianggap tidak modern, puritan, kuno atau apapun namanya sebab kami tidak akan memberikan susu sapi, eh susu formula. Biarlah ia menyusu pada ibunya yang manusia bukan susu formula yang berasal dari sapi.

Alhamdulillah, kurang dari 1 jam setelah kelahiran, si kecil sudah bisa mengisap pada payudara ibu. Isapan inilah yang merangsang keluarnya hormon oksitosin yang menyebabkan otot kelenjar susu berkontraksi dan memeras susu ke saluran air susu, yang diistilahkan dengan "let-down reflex".

Mungkin karena mengonsumsi kolostrum yang kaya akan antibodi dan laktoferin (antibiotik), dan juga cukup mengandung air, protein dan mineral, si kecil sedikit mengisap hingga hari kedua.

Hari ketiga, ASI yang ada berwarna putih, kata para ahli sih mengandung banyak lemak, karbohidrat dan protein. Dan, si kecil saat mengisap hanya diberi dari dari salah satu payudara, dengan alasan ASI pada awal menyusui lebih encer dan menghilangkan rasa haus dan ASI yang terakhir mengandung lebih banyak lemak dan penuh gizi. Nah, kalau dikasihkan dua-duanya, khawatir si kecil hanya dapat ASI awal yang encer dan tidak mendapatkan ASI yang kaya lemak.

Selain itu, frekuensi menyusui tergantung pada jumlah ASI dan nafsu makan si kecil. Adapun durasinya, tergantung pada kekuatan si kecil mengisap, seberapa cepat ia menelan dan mood juga mempengaruhi. Nampaknya, setelah merasa kenyang, si kecil melepaskannya.

Kami juga berusaha akan memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan, maksudnya selama waktu ini si kecil tidak akan diberi makanan tambahan apapun.

Mudah-mudahan Allah memberi kemudahan kepada kami. Amien.
Tentang ASI: Kolostrum, Gizi & Frekuensi Tentang ASI: Kolostrum, Gizi & Frekuensi Reviewed by Kosim Abina Aziyz on May 22, 2010 Rating: 5
Powered by Blogger.