Mengetahui Koordinat dan Ketinggian Kota/Kampung via Internet

Ponsel Anda sudah memiliki fitur GPS? Bila sudah bersyukurlah, bila belum -seperti saya- bersabarlah!

Seperti kita ketahui, salah satu fungsi GPS adalah mengetahui posisi kita dalam koordinat. Nah, bila kita belum mempunyai GPS, kita bisa -tentu saja- memanfaatkan internet.

Ada salah satu situs yang menampilkan koordinat lengkap yakni "latitude, latitude (DNS), longitude, longitude (DNS), altitude (feet), dan altitude (metres)" dari kota dan kampung yang ada di muka bumi.
Bila Anda berkenan, silakan kunjungi situs ini.

Saat saya telusuri, nama-nama kota, kelurahan dan bahkan nama kampung (dusun) di Jawa Tengah juga ditampilkan. Untuk propinsi Kalimantan Timur, pertama-tama akan ditampilkan beberapa nama tempat (tidak semua). Jadi, bila nama tempat tidak ada, kita bisa mengeklik nama tempat terdekat terlebih dahulu. Setelah itu, di bagian bawah terdapat nama-nama kampung terdekat.

Contoh, untuk mencari koordinat kampung Melak, tempat tinggal saya sekarang, setelah membuka situs> Indonesia> Prop. Kaltim> Long Iram> Melak.
Dan ini datanya (peta tidak saya posting)
1. Latitude: -0,2333
2. Latitude (DNS): 0* 13'60S
3. Longitude: 115,8333
4. Longitude (DNS): 115* 49'60E
5. Altitude (feet): 193
6. Altitude (mtr): 58

Keterangan: latitude= posisi lintang, longitude= posisi bujur, altitude= ketinggian maksimal. *= derajat, pengganti pangkat 0, pakai ini sebab memposting lewat email dari ponsel Nokia 3120c.
Mengetahui Koordinat dan Ketinggian Kota/Kampung via Internet Mengetahui Koordinat dan Ketinggian Kota/Kampung via Internet Reviewed by Kosim Abina Aziyz on May 24, 2010 Rating: 5
Powered by Blogger.