Selamat datang di Kosim.web.id, semoga Kita s'lalu dalam lindungan-Nya

Mengetahui Koordinat dan Ketinggian Kota/Kampung via Internet

Ponsel Anda sudah memiliki fitur GPS? Bila sudah bersyukurlah, bila belum -seperti saya- bersabarlah!

Seperti kita ketahui, salah satu fungsi GPS adalah mengetahui posisi kita dalam koordinat. Nah, bila kita belum mempunyai GPS, kita bisa -tentu saja- memanfaatkan internet.

Ada salah satu situs yang menampilkan koordinat lengkap yakni "latitude, latitude (DNS), longitude, longitude (DNS), altitude (feet), dan altitude (metres)" dari kota dan kampung yang ada di muka bumi.
Bila Anda berkenan, silakan kunjungi situs ini.

Saat saya telusuri, nama-nama kota, kelurahan dan bahkan nama kampung (dusun) di Jawa Tengah juga ditampilkan. Untuk propinsi Kalimantan Timur, pertama-tama akan ditampilkan beberapa nama tempat (tidak semua). Jadi, bila nama tempat tidak ada, kita bisa mengeklik nama tempat terdekat terlebih dahulu. Setelah itu, di bagian bawah terdapat nama-nama kampung terdekat.

Contoh, untuk mencari koordinat kampung Melak, tempat tinggal saya sekarang, setelah membuka situs> Indonesia> Prop. Kaltim> Long Iram> Melak.
Dan ini datanya (peta tidak saya posting)
1. Latitude: -0,2333
2. Latitude (DNS): 0* 13'60S
3. Longitude: 115,8333
4. Longitude (DNS): 115* 49'60E
5. Altitude (feet): 193
6. Altitude (mtr): 58

Keterangan: latitude= posisi lintang, longitude= posisi bujur, altitude= ketinggian maksimal. *= derajat, pengganti pangkat 0, pakai ini sebab memposting lewat email dari ponsel Nokia 3120c.

About the Author

Ayah dari 3 anak blasteran Jawa dan Bugis-Mandar, non partisan, pembelajar, dan santri.

1 komentar

  1. trims... ini sangat membantu.....
Silakan memberikan saran, masukan, atau tanggapan. Komentar Anda akan saya moderasi terlebih dahulu. Tautan aktif sebaiknya tidak dipasang dalam komentar. Dan, mohon maaf, komentar Anda mungkin tidak segera saya balas, karena kesibukan dan lain hal. Terima kasih :)
---Kosim Abina Aziyz
Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!